Mental Health, Begins with Me

Ah-Yusuf, Nursing, Universitas Airlangga

Rehabilitasi Masalah Psikososial dalam Keperawatan
diposting oleh ah-yusuf-fkp - 23 December 2016
kategori : Mental Health - 0 komentar

Istilah Rehabilitasi, secara umum mempunyai arti; pengembangan kemampuan seseorang seperti / mendekati semula, baik fisik maupun mental. Sebagian  orang beranggapan bahwa rehabilitasi merupakan kegiatan extramural dari pengobatan pasien gangguan jiwa,  sehingga selalu diorientasikan pada pekerjaan dan masalah-masalah sosial saja, padahal tuntutan dan perkembangan psikiatri modern tidaklah demikian. Dengan perkembangan bidang psikofarmaka,  telah ditemukan berbagai jenis obat yang dapat mempercepat hilangnya/ kurang gejala psikiatrik, maka bentuk pelayanan rehabilitasi juga harus disesuaikan dengan kemajuan tersebut,  ketika mereka dirawat / dinyatakan sudah boleh pulang dari Rumah Sakit Jiwa maka perlu disusun suatu kegiatan yang diberikan untuk upaya rehabilitasi  sesuai kemampuan mereka.

Hasil riset kesehatan dasar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2013 menunjukkan terdapat dua kelompok besar gangguan jiwa, yaitu gangguan jiwa berat meliputi semua jenis psikotik, dan gangguan mental emosional yang sering disebut dengan gangguan masalah psikososial. Bagan berikut merupakan berbagai macam bentuk gangguan masalah psikososial.

Gangguan masalah psikososial ini dialami oleh sekitar 6 % dari penduduk Indonesia (Riskesdas, 2013). Permasalahnnya adalah hampir setiap manusia yang mengalami masalah ini tidak pernah merasa bahwa dia sedang mengalami masalah, semua dianggap biasa, sedang malas saja, kurang enak badan, kurang konsentrasi dan sebagainya. Padahal jika masalah ini dibiarkan terus, dapat mempengaruhi kondisi fisik seseorang, kualitas hidup terganggu, kualitas kerja terganggu, dn produktifitas hidup terganggu.

Secara fisik gangguan masalah psikososial dapat menjadi stress berkepanjangan, tekanan darah meningkat, gula darah meningkat, dan semua masalah fisik akibat perubahan kortisol yang terjadi karena masalah psikologis.

Oleh karena itu, rehabilitasi masalah psikosial menjadi sangat penting untuk diperhatikan, terutama untuk membiasakan seseorang sadar akan adanya masalah psikososial, dapat mengenali bentuk potensial gangguan dan dapat mengembangkan keterampilan hidup yang lebih produktif.

Berikut adalah berbagai macam rehabilitasi yang dapat diberikan, baik pada pasien gangguan jiwa berat maupun dengan masalah psikososial.

POTENTIAL SKILLED ACTIVITIES NEEDED TO ACHIEVE

THE GOAL OF PSYCHIATRIC REHABILITATION

PHYSICAL

EMOTIONAL

INTELECTUAL

LIVING SKILLS

Personal hygiene

Physical fitness

Use of public transportation

Cooking

Shopping

Cleaning

Sport participation

Using recreational facilities

 

 

Human relations

Self-control

Selective reward

Stigma reduction

Problem solving

Conversational skills

 

Money management

Use of community resources

Goal setting

Problem development

LEARNING SKILLS

Being quiet

Paying attention

Staying seated

Observing

Punctuality

 

 

Speech making

Question asking

Volunteering answers

Following directions

Asking for directions

Listening

 

 

Reading

Writing

Arithmetic

Study skills

Hobby activities

Typing

 

WORKING SKILLS

Punctuality

Use of job tools

Job strength

Job transportation

Specific job tasks

 

Job interviewing

Job decision making

Human relations

Self-control

Job keeping

Specific job tasks

 

Job qualifying

Job seeking

Specific job tasks



Tinggalkan Komentar
Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Note

Blog ini digunakan sebagai media ekspresi dosen, informasi dan komunikasi, sarana pembelajaran untuk interaksi antara Dosen Pembimbing dan Mahasiswa. Blog ini juga dapat digunakan untuk khalayak umum pemerhati masalah kesehatan dan keperawatan, Terimakasih.

Greetings

Terimakasih, Selamat bergabung dengan Blog Kami, Yusuf, Departemen Keperawatan Jiwa & Komunitas, Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga Surabaya.

Pengunjung

437627