Mental Health, Begins with Me

Ah-Yusuf, Nursing, Universitas Airlangga

PENINGKATAN PENERIMAAN PADA NYERI KRONIS, COMFORT DAN KUALITAS HIDUP LANSIA MELALUI ACCEPTANCE AND COMMITMENT THERAPY (ACT)
diposting oleh ah-yusuf-fkp - 05 April 2017
kategori : Publikasi Nasional - 0 komentar

ABSTRAK

Pendahuluan: Nyeri sendi kronis masih menjadi masalah utama pada lansia. Faktor psikososial berdampak besar terhadap penderita nyeri kronis. Penerimaan terhadap nyeri pada penderita nyeri kronis diduga dapat meningkatkan kemampuannya melakukan aktivitas sehari-hari, kenyamanan, dan kualitas hidup. Acceptance and Commitment Therapy (ACT) merupakan bentuk psikoterapi yang cukup efektif dalam manajemen nyeri kronis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ACT terhadap peningkatan penerimaan nyeri, kenyamanan, dan kualitas hidup lansia dengan nyeri sendi kronis. Metode: Penelitian berdesain quasy experiment pre-post test control group. Populasi adalah lansia yang tinggal di UPT PSLU Jombang di Pare-Kediri. Sampel meliputi 32 responden, diperoleh dengan teknik purposive sampling, dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kontrol. Data dikumpulkan dengan kuesioner CPAQ (penerimaan nyeri), GCQ (kenyamanan), dan WHO-QOLBREF (kualitas hidup), lalu dianalisis dengan Wilcoxon Signed Ranks Test, Mann Whitney U Test, Paired t test dan Independent Samples t test, dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh ACT terhadap peningkatan penerimaan nyeri (p=0,003), kenyamanan (p=0,008), dan kualitas hidup lansia dengan nyeri sendi kronis (p=0,002). Diskusi: ACT meningkatkan penerimaan, kenyamanan, dan kualitas hidup lansia dengan nyeri sendi kronis. Perawat geriatrik dapat menggunakan aktivitas psikososial dalam kegiatan sehari-hari lansia, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Selain itu, kualitas pelayanan keperawatan kepada lansia juga dapat ditingkatkan.

Kata kunci: ACT, penerimaan nyeri, kenyamanan, kualitas hidup, lansia, nyeri sendi kronis



Tinggalkan Komentar
Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Note

Blog ini digunakan sebagai media ekspresi dosen, informasi dan komunikasi, sarana pembelajaran untuk interaksi antara Dosen Pembimbing dan Mahasiswa. Blog ini juga dapat digunakan untuk khalayak umum pemerhati masalah kesehatan dan keperawatan, Terimakasih.

Greetings

Terimakasih, Selamat bergabung dengan Blog Kami, Yusuf, Departemen Keperawatan Jiwa & Komunitas, Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga Surabaya.

Pengunjung

478230