Mental Health, Begins with Me

Ah-Yusuf, Nursing, Universitas Airlangga

PENINGKATAN KEMANDIRIAN PERAWATAN TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) YANG TERINFEKSI HIV MELALUI PENGEMBANGAN MODEL PEMBERDAYAAN KELUARGA DAN PEER GROUP SUPPORT
diposting oleh ah-yusuf-fkp - 05 April 2017
kategori : Publikasi Nasional - 0 komentar

ABSTRAK

Pendahuluan: Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah sebuah retrovirus yang menginfeksi sel-sel sistem imun, menghancurkan atau merusak fungsi dari sel-sel sistem imun. Hal ini membuat sistem imun menjadi lemah, dan manusia menjadi lebih rentan terkena infeksi. Isu yang beredar telah banyak penderita HIV baru yang terdeteksi sumber penularannya berasal dari mantan TKI yang bekerja di luar negeri. Tantangannya dalam menanggulangi dengan menekan angka penularannya dilakukan perawatan yang komprehensif pemberdayaan keluarga maupun pasien beserta dukungan dari kelompok sebaya atau peer group support. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan keluarga Tenaga Kerja Indonesia yang terinfeksi HIV dan Peer Group Support dalam kemandirian perawatan. Metode: Penelitian ini menggunakan desain eksplanatif dan quasy-eksperimental. Populasinya adalah para keluarga terdekat yang merawat pasien HIV yang tertular semasa kerja di luar negeri sebagai TKI di wilayah Jawa Timur. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel independennya adalah peer group support dan keluarga, variabel dependennya adalah tingkat kemandirian perawatan pada responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas dan hasil diuji menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dengan alpha ≤ 0,05. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa metode ini dapat meningkatkan kemandirian keluarga terhadap perawatan klien yang terinfeksi HIV semasa kerja sebagai TKI di luar negeri dengan nilai signifikansi p = 0,004. Kesimpulan: Pemberdayaan keluarga dan peer group support dapat digunakan untuk meningkatkan kemandirian keluarga maupun pasien dalam perawatan penderita HIV yang terinfeksi semasa kerja di luar negeri menjadi TKI. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan sampel yang lebih besar.

Kata kunci: pemberdayaan keluarga, peer group support, kemandirian perawatan, TKI (Tenaga Kerja Indonesia), Human Immunodeficiency Virus (HIV)



Tinggalkan Komentar
Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   

Note

Blog ini digunakan sebagai media ekspresi dosen, informasi dan komunikasi, sarana pembelajaran untuk interaksi antara Dosen Pembimbing dan Mahasiswa. Blog ini juga dapat digunakan untuk khalayak umum pemerhati masalah kesehatan dan keperawatan, Terimakasih.

Greetings

Terimakasih, Selamat bergabung dengan Blog Kami, Yusuf, Departemen Keperawatan Jiwa & Komunitas, Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga Surabaya.

Pengunjung

478228