Mental Health, Begins with Me

Ah-Yusuf, Nursing, Universitas Airlangga

Dasar Hukum K3
diposting oleh ah-yusuf-fkp - 06 April 2017
kategori : Buku - 0 komentar

Dasar Hukum K3

Program kesehatan dan keselamatan kerja memiliki landasan hukum yang kuat (Syafi’i, 2008) antara lain:

  1. Undang-Undang (UU) No. 1 Tahun 1970 Tentang Keselamatan Kerja
    Undang-undang ini memuat antara lain ruang lingkup pelaksanaan keselamatan kerja, syarat keselamatan kerja, pengawasan, pembinaan, tentang kecelakaan, kewajiban dan hak tenaga kerja, kewajiban memasuki tempat kerja, kewajiban pengurus dan ketentuan penutup (ancaman pidana) dan lain-lain.
  2. b.        UU No. 21 tahun 2003 yang meratifikasi Konvensi ILO No. 81

Pada 19 Juli 1947, Badan PBB International Labour Organization (ILO) telah mengesahkan konvensi ILO No. 81 tentang pengawasan tenaga kerja bidang industri dan perdagangan (Labour Inspection in Industry and Commerce). Sebanyak 137 negara atau lebih dari 70 persen anggota ILO meratifikasi konvensi ini, termasuk Indonesia (sumber: www.ILO.org).

  1. c.         UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan

Khususnya alinea 5 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, pasal 86 dan pasal 87. Pasal 86 ayat 1: Setiap Pekerja/ Buruh mempunyai Hak untuk memperoleh perlindungan atas Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Pasal 86 ayat 2: Untuk melindungi keselamatan Pekerja/ Buruh guna mewujudkan produktivitas kerja yang optimal diselenggarakan upaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Pasal 87: Setiap Perusahaan wajib menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang terintegrasi dengan Sistem Manajemen Perusahaan.

  1. Undang-undang No.36 tahun 2009 tentang Kesehatan

Pasal 164 disebutkan bahwa Kesehatan Kerja ditujukan untuk melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerjaan. Selanjutnya disebutkan bahwa cara mencapainya melalui upaya pencegahan, peningkatan, pengobatan dan pemulihan. Pasal 164 ayat (6) dinyatakan bahwa Pengelola tempat kerja wajib mentaati standar kesehatan kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (5) (standar kesehatan tempat kerja) dan menjamin lingkungan kerja yang sehat serta bertanggung jawab atas terjadinya kecelakaan kerja).

  1. Peraturan Menteri Kesehatan RI No.84/MENKES/PER/II/1992 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Tempat Kerja dan Sarana Kesehatan.
  2. Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI No. Per-05/MEN/1996 tentang Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Permenakertrans ini sebagai Pedoman Penerapan Sistem Manajajemen K3, mirip OHSAA 18001 di Amerika dan BS 8800 di Inggris.
  3. Keputusan Menteri Kes. No.1405/MENKES/SK/XI/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri
  4. Peraturan Menteri Perburuhan RI No.7 tahun 1964 tentang Syarat Kesehatan, Kebersihan serta Penerangan dalam Tempat Kerja.
  5. SKB Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Kesehatan RI No.235/MEN/1985 dan No.114/MENKES/SKB/III/85 tentang Penyelenggaraan Pemeliharaan Kesehatan bagi Tenaga Kerja (Kurniawidjaja, 2011).
  6. Peraturan Pemerintah RI No.50/2012 tentang Penerapan Sistem Manajemen K3. Bab I pasal 1 ayat 1 dinyatakan: Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) adalah bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan dalam rangka pengendalian risiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif. Pasal 1 ayat 2 disebutkan: Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang selanjutnya di singkat K3 adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja (Kurniawidjaya, 2011).

Sumber: Yusida H, Suwandi T, Yusuf A, Sholihah Q, 2017, Kepedulian Aktif untuk K3 Sektor Informal, ULM Press.



Tinggalkan Komentar
Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   

Note

Blog ini digunakan sebagai media ekspresi dosen, informasi dan komunikasi, sarana pembelajaran untuk interaksi antara Dosen Pembimbing dan Mahasiswa. Blog ini juga dapat digunakan untuk khalayak umum pemerhati masalah kesehatan dan keperawatan, Terimakasih.

Greetings

Terimakasih, Selamat bergabung dengan Blog Kami, Yusuf, Departemen Keperawatan Jiwa & Komunitas, Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga Surabaya.

Pengunjung

478218