Mental Health, Begins with Me

Ah-Yusuf, Nursing, Universitas Airlangga

Actively Caring
diposting oleh ah-yusuf-fkp - 06 April 2017
kategori : Buku - 0 komentar

Actively Caring

Geller mulai menggunakan istilah “Actively Caring” pada tahun 1991 sebagai suatu cara mempromosikan aplikasi ilmu perilaku dalam suatu organisasi, kemudian dilengkapi lagi pada tahun 1992 oleh Geller, Roberts dan Gilmore (Reed, 2014). Actively Actively Caring adalah perhatian penuh, kepedulian terhadap aspek yang berkaitan dengan keselamatan, keamanan di lingkungan tempat kerja serta perilaku, persepsi dan sikap orang yang berkewajiban melaksanakan K3 (Geller, 2002). Pengembangan budaya K3 sebaiknya tidak berdiri sendiri dan perlu dilakukan dalam kerangka yang berkesinambungan, sesuai dengan falsafah “continuous improvement” (Sholihah dan Kuncoro, 2014).

 Actively Caring diperlukan dalam suatu industri untuk mewujudkan budaya K3.  Visi, tujuan dan dampak (outcome) saja tidak cukup untuk perubahan budaya K3. Orang-orang perlu Actively Caring tentang tujuan, rencana aksi dan konsekuensinya. Mereka perlu keyakinan di dalam visi, pelimpahan tugas untuk mencapai tujuan yang mendukung visi tersebut dan mereka perlu memberi penghargaan, dukungan dan umpan balik perbaikan untuk meningkatkan perilaku yang konsisten dengan visi dan sesuai tujuan. Hal ini merupakan kunci dari perbaikan yang terus menerus untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari kecelakaan atau cedera (Geller, 2002).

The Actively Caring model dapat membantu orang memahami apa yang akan diputuskan sesuai dengan visi dari Total Safety Culture. Model Actively Caring behavior di dalam konteks suatu pekerjaan adalah operasionalisasi dalam mencari hazard/risiko produksi kerja dan melakukan intervensi untuk perbaikan tindakan atau kondisi yang tidak aman. Actively Caring for safety adalah perilaku aktif oleh seseorang dimana sikap kepedulian dan kepercayaannya meningkat menjadi suatu keinginan untuk berkontribusi kepada kesehatan dan keselamatan orang lain (Dula dan Geller, 2007). Model Actively Caring for Safety memuat pernyataan seseorang yang  berkontribusi terhadap pemberdayaan (empowerment) yang saling melengkapi dan mencerminkan pernyataan tentang keyakinan dalam diri (Allen and Ferrand, 1999; Dula and Geller, 2007).

Sumber: Yusida H, Suwandi T, Yusuf A, Sholihah Q, 2017, Kepedulian Aktif untuk K3 Sektor Informal, ULM Press.



Tinggalkan Komentar
Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   

Note

Blog ini digunakan sebagai media ekspresi dosen, informasi dan komunikasi, sarana pembelajaran untuk interaksi antara Dosen Pembimbing dan Mahasiswa. Blog ini juga dapat digunakan untuk khalayak umum pemerhati masalah kesehatan dan keperawatan, Terimakasih.

Greetings

Terimakasih, Selamat bergabung dengan Blog Kami, Yusuf, Departemen Keperawatan Jiwa & Komunitas, Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga Surabaya.

Pengunjung

478207