Actively Caring

Actively Caring

Geller mulai menggunakan istilah “Actively Caring” pada tahun 1991 sebagai suatu cara mempromosikan aplikasi ilmu perilaku dalam suatu organisasi, kemudian dilengkapi lagi pada tahun 1992 oleh Geller, Roberts dan Gilmore (Reed, 2014). Actively Actively Caring adalah perhatian penuh, kepedulian terhadap aspek yang berkaitan dengan keselamatan, keamanan di lingkungan tempat kerja serta perilaku, persepsi dan sikap orang yang berkewajiban melaksanakan K3 (Geller, 2002). Pengembangan budaya K3 sebaiknya tidak berdiri sendiri dan perlu dilakukan dalam kerangka yang berkesinambungan, sesuai dengan falsafah “continuous improvement” (Sholihah dan Kuncoro, 2014).

 Actively Caring diperlukan dalam suatu industri untuk mewujudkan budaya K3.  Visi, tujuan dan dampak (outcome) saja tidak cukup untuk perubahan budaya K3. Orang-orang perlu Actively Caring tentang tujuan, rencana aksi dan konsekuensinya. Mereka perlu keyakinan di dalam visi, pelimpahan tugas untuk mencapai tujuan yang mendukung visi tersebut dan mereka perlu memberi penghargaan, dukungan dan umpan balik perbaikan untuk meningkatkan perilaku yang konsisten dengan visi dan sesuai tujuan. Hal ini merupakan kunci dari perbaikan yang terus menerus untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari kecelakaan atau cedera (Geller, 2002).

The Actively Caring model dapat membantu orang memahami apa yang akan diputuskan sesuai dengan visi dari Total Safety Culture. Model Actively Caring behavior di dalam konteks suatu pekerjaan adalah operasionalisasi dalam mencari hazard/risiko produksi kerja dan melakukan intervensi untuk perbaikan tindakan atau kondisi yang tidak aman. Actively Caring for safety adalah perilaku aktif oleh seseorang dimana sikap kepedulian dan kepercayaannya meningkat menjadi suatu keinginan untuk berkontribusi kepada kesehatan dan keselamatan orang lain (Dula dan Geller, 2007). Model Actively Caring for Safety memuat pernyataan seseorang yang  berkontribusi terhadap pemberdayaan (empowerment) yang saling melengkapi dan mencerminkan pernyataan tentang keyakinan dalam diri (Allen and Ferrand, 1999; Dula and Geller, 2007).

Sumber: Yusida H, Suwandi T, Yusuf A, Sholihah Q, 2017, Kepedulian Aktif untuk K3 Sektor Informal, ULM Press.

Komentar (2)

Nurul13 February 2018

Terima kasih atas informasinya. Kebetulan saya tertarik tema mengenai actively caring, kira2 dimana ya saya bisa download buku sumber diatas? saya googling namun setelah didownload halamannya tidak lengkap.

Yusuf23 February 2018

Terimakasih Mb Nurul... di blog ini.. rasanya ada file pdf yg bisa di download, silahkan.
jika tidak ada.. silahkan masuk ke research gate atau academia edu yusuf.. disitu ada..
judul bukunya; Kepedulian Aktif untuk K3 Sektor Informal, ULM Press.
atau coba langsung search dari google

Kirim Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :