Mental Health, Begins with Me

Ah-Yusuf, Nursing, Universitas Airlangga

Buku: Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa
diposting oleh ah-yusuf-fkp - 06 April 2017
kategori : Buku - 0 komentar

Pengantar

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, berkat rahmat, taufik, dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan buku ajar ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat dan membantu para mahasiswa keperawatan baik pada program studi sarjana keperawatan maupun program studi lain yang sedang mempelajari keperawatan kesehatan jiwa. Jiwa adalah unsur manusia yang bersifat nonmateri, serta tidak berbentuk objek benda. Oleh karena itu, pada tahap awal mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam mempelajari ilmu jiwa dan keperawatan jiwa. Buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa mengenali dan mempelajari manifestasi jiwa, sehingga dapat dengan mudah mengamati tanda dan gejala gangguan jiwa. Dengan demikian, mahasiswa dapat merencanakan dan memberikan asuhan keperawatan terhadap berbagai masalah keperawatan yang timbul.
Buku ini disusun secara linier berdasarkan struktur program pembelajaran mata ajar keperawatan kesehatan jiwa pada Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya, terdiri atas tiga bagian utama yaitu Keperawatan Jiwa 1 sebanyak 4 SKS pada semester 4, Keperawatan Jiwa 2 sebanyak 3 SKS pada semester 5, dan Keperawatan Jiwa 3 sebanyak 2 semester 5 bersamaan dengan Keperawatan Jiwa 2. Metode pembelajaran meliputi ceramah, diskusi, small group discussion (SGD), presentasi, dan pengalaman belajar praktik untuk menerapkan berbagai keterampilan yang telah didapatkan. Mata ajar ini belum termasuk mata ajar keperawatan jiwa pada program profesi Ners sebanyak 2 SKS.
Buku ini dikembangkan dari berbagai buku teks seperti tercantum pada daftar bacaan, ditambah dengan berbagai hasil penelitian, lokakarya nasional keperawatan kesehatan jiwa, karya ilmiah baik yang dipublikasikan maupun tidak. Untuk mempermudah pemahaman ditambahkan berbagai kasus nyata yang pernah dirawat para penulis selama menekuni keperawatan kesehatan jiwa di sarana pelayanan kesehatan. Meskipun demikian, para pembaca dipersilakan memperkaya diri dengan berbagai buku teks, jurnal dan karya ilmiah yang lain.
Semoga buku ini bermanfaat, khususnya dalam mempelajari keperawatan kesehatan jiwa.

Surabaya, Agustus 2014
Penulis

1. Ah. Yusuf

2. Rizki Fitryasasi PK

3. Hanik Endang Nihayati

Penerbit: Salemba Medika Jakarta, 2014.



Tinggalkan Komentar
Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   

Note

Blog ini digunakan sebagai media ekspresi dosen, informasi dan komunikasi, sarana pembelajaran untuk interaksi antara Dosen Pembimbing dan Mahasiswa. Blog ini juga dapat digunakan untuk khalayak umum pemerhati masalah kesehatan dan keperawatan, Terimakasih.

Greetings

Terimakasih, Selamat bergabung dengan Blog Kami, Yusuf, Departemen Keperawatan Jiwa & Komunitas, Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga Surabaya.

Pengunjung

478213