Mental Health, Begins with Me

Ah-Yusuf, Nursing, Universitas Airlangga

Kebutuhan Spiritual dalam Keperawatan
diposting oleh ah-yusuf-fkp - 05 June 2017
kategori : Spirituality in Nursing - 0 komentar

Keperawatan adalah sebuah profesi yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan khususnya keperawatan (Yusuf, 2014). Fenomena yang menjadi objek studi ilmu keperawatan adalah penyimpangan atau tidak terpenuhinya kebutuhan dasar manusia mulai dari biologis, psikologis, sosial dan spiritual. Pemenuhan kebutuhan biologis pasien selama sakit dan dirawat di rumah sakit, sudah sangat umum dijumpai sebagai pekerjaan rutin harian perawat, tetapi pemenuhan kebutuhan psikologis, sosial dan spiritual pasien masih jarang ditemukan. Padahal spiritualitas seseorang memberikan kontribusi yang sama dalam proses penyembuhan pasien. Spiritualitas sebagai sumber internal dalam diri manusia, terutama tentang “Filosofi Hidup” menjadi sangat penting dalam menentukan konsep sehat atau sakit, upaya mencari pengobatan, harapan, bahkan keputusasaan yang harus diterima karena penderitaan kronis akibat penyakit yang di alami.

Para ahli keperawatan menyimpulkan bahwa spiritual merupakan sebuah konsep yang dapat diterapkan pada seluruh manusia. Spiritual juga merupakan aspek yang menyatu dan universal bagi semua manusia. Setiap orang memiliki dimensi spiritual. Dimensi ini mengintegrasi, memotivasi, menggerakkan, dan mempengaruhi seluruh aspek hidup manusia. Kepercayaan spiritual dapat menimbulkan keyakinan dan harapan. Keyakinan sesuai pengalaman dan agama yang dipelajari, harapan terkit dengan kehidupan yang dijalani, termasuk konsep sehat atau sakit yang dirasakan. Oleh karena itu, keyakinan spiritual dapat menuntun dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari, menjadi sumber dukungan, atau bahkan menjadi sumber konflik.

Keyakinan spiritual klien sangat penting bagi perawat karena dapat menuntun pada kebiasaan hidup sehari-hari. Gaya hidup sehat, pilihan diet yang dikonsumsi, kebersihan badan dan lingkungan, olah raga yang dilakukan, hobi, hewan peliharaan dan perlakuan terhadap lingkungan sangat dipengaruhi oleh keyakian spiritual keagamaan. Kebiasaan berpuasa, bersemedi, mengkonsumsi makanan halal, termasuk bagaimana cara mandi, berwudlu dan sebagainya sangat diwarnai oleh keyakinan spiritual keagamaan. Bagi seseorang yang yakin dan patuh pada keyakinan keagamaannya, dia akan lebih mampu mengembangkan pola hidup sehat sesuai keyakinan keagamaannya. Oleh karena itu, perawat dalam mengerjakan pekerjaan profesi, harus memahami keyakinan spiritual agama klien agar dapat memberikan asuhan sesuai keyakinan keagamaan klien. Menurut kode etik keperawatan Indonesia, perawat tidak akan membeda-bedakan pangkat, kedudukan, jenis kelamin, politik kepartaian, golongan ras dan agama dalam memberikan asuhan keperawatan.

Sumber dukungan, keyakinan spiritual menjadi sumber dukungan bagi seseorang untuk menghadapi situasi stress, menerima kenyataan hidup termasuk penyakit yang dirasakan. Spiritualitas menjadi sumber kekuatan individu dalam memahami distres fisik yang berat, menjadi sumber kekuatan dan pembangkit semangat pasien yang dapat turut mempercepat proses kesembuhan. Keyakinan kegamaan dianggap sangat penting bagi seseorang untuk menerima penyakit yang sedang diderita, meningkatkan harapan untuk waktu yang akan datang, membantu menyiapkan kematian, memberikan kekuatan dan ketentraman pada saat krisis, serta memberikan rasa aman saat menjelang kematian.

Sumber konflik pada situasi tertentu keyakinan spiritual pasien dapat bertentangan dengan berbagai alternatif tindakan medik yang dilakukan. Pada situasi ini, perawat diharapkan mampu memberikan penjelasan tentang tentang alternatif tindakan yang dapat diterima sesuai keyakinan pasien. Keputusan terahir pelaksanaan tindakan itu ada pada pasien setelah mendapatkan penjelasan dari tenaga kesehatan.

sumber: Yusuf, dkk, 2016, Kebutuhan Spiritual, Konsep dan Aplikasi dalam Asuhan Keperawatan



Tinggalkan Komentar
Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   

Note

Blog ini digunakan sebagai media ekspresi dosen, informasi dan komunikasi, sarana pembelajaran untuk interaksi antara Dosen Pembimbing dan Mahasiswa. Blog ini juga dapat digunakan untuk khalayak umum pemerhati masalah kesehatan dan keperawatan, Terimakasih.

Greetings

Terimakasih, Selamat bergabung dengan Blog Kami, Yusuf, Departemen Keperawatan Jiwa & Komunitas, Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga Surabaya.

Pengunjung

478252