Mental Health, Begins with Me

Ah-Yusuf, Nursing, Universitas Airlangga

Spirituality vs Tindakan Medis
diposting oleh ah-yusuf-fkp - 05 June 2017
kategori : Spirituality in Nursing - 0 komentar

Keyakinan spiritual terkadan dapat sumber konflik pada situasi tertentu keyakinan spiritual pasien dapat bertentangan dengan berbagai alternatif tindakan medik yang dilakukan.

Beberapa prosedur tindakan medis yang sering bertentangan dengan kepercayaan dan keyakinan spiritual antara lain pemeriksaan cairan amnion, donor organ tubuh, inseminasi buatan dan sebagainya seperti pada gambar diatas. Semua tindakan tersebut secara medis mempunyai tujuan baik dan mulia, tetapi pada pelaksanaanya sering menimbulkan konflik keyakinan sehingga memerlukan tindakan khusus untuk memutuskannya.

Pemeriksaan cairan amnion

Pemeriksaan cairan amnion adalah pemeriksaan terhadap cairan amnion yang terjadi pada wanita selama hamil. Melalui pemeriksaan ini dapat diketahui apakah kehamilan berjalan dengan baik atau tidak, ada infeksi atau tidak, ada gejala patologis atau tidak. Pemeriksaan ini penting untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu hamil. Tetapi ketika ditemukan kondisi patologis, indikasi infeksi atau gangguan lain yang menyebabkan diprediksi dapat mengaanggu kesehatan ibu selama hamil, atau membahayakan kondisi bayi saat dilahirkan, menimbulkan cacat bawaan atau penyakit lain yang dibawa sejak lahir, apa yang harus dilakukan ?.

Alternatif pertama, meneruskan kehamilan dengan risiko ada penyulit pada Ibu saat melahirkan atau kondisi kelaianan pada bayi saat lahir ?. Sebuah pilihan yang sulit untuk diputuskan. Alternatif kedua,  menghentikan kehamilan. Menghentikan kehamilan berarti mengahiri proses kehamilan atau terminasi dengan berbagai teknik dengan alasan medis. Yakinkah akan menyelesaikan persoalan?, disisi lain terminasi kehamilan adalah sama dengan tindakan aborsi. Padahal tindakan aborsi jelas dilarang. Disinilah prosedur tindakan medis dapat menimbulkan konflik dengan keyakinan klien atau masyarakat. dan seterusnya... bersambung

Sumber: Yusuf, dkk, 2016, Kebutuhan Spiritual, Konsep dan Aplikasi dalam Asuhan Keperawatan



Tinggalkan Komentar
Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   

Note

Blog ini digunakan sebagai media ekspresi dosen, informasi dan komunikasi, sarana pembelajaran untuk interaksi antara Dosen Pembimbing dan Mahasiswa. Blog ini juga dapat digunakan untuk khalayak umum pemerhati masalah kesehatan dan keperawatan, Terimakasih.

Greetings

Terimakasih, Selamat bergabung dengan Blog Kami, Yusuf, Departemen Keperawatan Jiwa & Komunitas, Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga Surabaya.

Pengunjung

478259