Mental Health, Begins with Me

Ah-Yusuf, Nursing, Universitas Airlangga

Resume Kuliah Jiwa 3 A1
diposting oleh ah-yusuf-fkp - 24 August 2017
kategori : Keperawatan Jiwa - 6 komentar

setelah mengikuti perkuliahan, tulislah resume atau umpan balik Anda disini...

 

terimakasih



6 Komentar

1. Faza Hisba Afifa

pada : 08 September 2017

"Assalamualaikum Wr Wb
Perkenalkan saya Faza Hisba Afifa NIM 131511133014 ingin menampilkan resume singkat dari perkuliahan yang sudah diberikan dan sedikit umpan balik dari saya. Pasien jiwa memiliki berbagai keadaan dan diagnosa mulai dari halusinasi, menarik diri, harga diri rendah, depresi dsb. Begitu juga dengan alternatif terapi yang diberikan, ada banyak variasinya. Pasien jiwa juga tidak selalu efektif bila diberikan obat psikotropika saja. Contoh alternatif terapi yang dapat diberikan yaitu Terapi Aktivitas Kelompok, pada terapi ini menggunakan teknik kebersamaan untuk membangkitkan semangat dari pasien sesuai dengan keadaannya. Apabila pasien mengalami menarik diri, perawat jiwa dapat melatih pasien cara berkomunikasi dengan antar sosial. Ada juga dengan pasien waham dan halusinasi dapat dilatih pada orientasi realitasnya. Contoh alternatif terapi yang lain yaitu Pelayanan Rehabilitasi (memberi kesibukan pada pasien), dalam terapi ini ada 2 jenis terapi yaitu dengan membuat karya seni dan terapi musik. Karya seni, pasien dapat diajarkan kerajinan membuat kipas dari anyaman atau karya seni yang lainnya. Untuk terapi musik, diperuntukkan sebagai stimulasi sensori pasien, semisal pada pasien menarik diri diberi musik seperti dangdut dan rock untuk melatih stimulasi sensorinya. Ada juga terapi alternatif yang sudah tidak digunakan lagi karena dianggap mengandung unsur kekerasan terhadap pasien yaitu Terapi Tempeleng. Karena terapi tersebut dianggap tidak etis, maka diganti dengan strategi lain dengan menggunakan kognitif klien dan mengamati non verbal pasien. Maka dari itu sebagai perawat jiwa harus benar-benar memperhatikan pasien dalam kondisi apa supaya terapi yang diberikan juga tepat.
“Pilih terapi sesuai degan masalah masing-masing”
Terimakasih. Wassalamualaikum Wr Wb
"


2. Elma Karamy

pada : 17 September 2017

"Assalamualaikum wr.wb saya Elma Karamy NIM 131511133026 dari kelas A1-2015 ingin memberikan sedikit resume mengenai terapi modalitas. Terapi modalitas merupakan terapi alternatif yang dapat diberikan pada pasien dengan gangguan jiwa. Terapi modalitas ini meliputi terapi individual, lingkungan, somatic, kognitif, keluarga, kelompok, perilaku, dan bermain. Setiap pasien pasti memiliki memiliki penyebab yang tidak sama, misalnya pada pasien yang mengalami trauma pada otak sehingga mengakibatkan gangguan psikologisnya maka pasien tersebut dapat diberikan psikofarmako, dan apabila ada pasien yang disebabkan karena stress yang dihadapinya sehingga membuatnya mengalami menarik diri ataupun halusinasi maka terapi yang digunakan dapat berupa terapi kelompok, lingkungan, ataupun keluarga.

Dalam terapi modalitas ini akan merubah perilaku pasein dari yang maladaptif menjadi adaptif sehingga pasien akan semakin memiliki rasa percaya diri dan bernilai serta akan semakin mudah diterima oleh masyarakat. Contohnya seperti terapi aktivitas kelompok yaitu pasien secara berkelompok melakukan interaksi dengan perawat sehingga terciptanya hubungan interpersonal yang lebih dekat. Contoh kedua yaitu dengan adanya pelayanan rehabilitatif dimana pasien diajak untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat seta mengembangkan kemampuan pasien seperti membuat sebuah karya seni, bermain musik, menari dan lain sebagainya. Sebagai perawat sebaiknya dapat memahami perasaan pasien serta mengidentifikasi kebutuhan pasien, agar terapi yang diberikan dapat dilakukan secara optimal sehingga pasien cepat pulih dari keadaanya dan diterima dengan baik oleh keluarga dan masyarakat.
"


3. Ferly Anas Priambodo

pada : 17 September 2017

"Terapi modalitas Adalah berbagai pendekatan penanganan klien gangguan jiwa yang bervariasi, yang bertujuan untuk mengubah perilaku klien dengan gangguan jiwa denga perilaku mal adaptifnya menjadi perilaku yang adaptif.
Terapi modalitas terdiri dari:
a. Terapi badan/ somato terapi, yaitu dengan farmako terapi, ECT, dan pembedahan.
b. Psikoterapi/ terapi jiwa, yaitu dengan supportif dan genetic dinamik.
c. Manipulasi lingkungan dan sosio terapi.
Sampai dengan saat ini tidak ada jenis terapi modalitas yang dapat mengatasi semua masalahgangguan jiwa klien. Kombinasi terapi modalitas merupakan keharusan. Untuk itu perawatmempunyai peranan yang sangat penting untuk mengkombinasikan berbagai terapi modalitassehingga perubahan perilaku yang dicapai akan maksimal. Untuk mencapai langkah ini tentudituntut semakin maningkatnya kemampuan perawat dalam melaksanakan berbagaipendekatan/strategi terapi modalitas ini. Belajar berkelanjutan karenanya menjadi hal yangwajib dilakukan setiap perawat jiwa.
"


4. Adhe Kukuh

pada : 18 September 2017

"Resume terapi modalitas
Pengobatan orang dengan gangguan jiwa selain menggunakan obat (psikofarmaka), dapat juga dilakukan terapi modalitas. Karena dengan obat saja tidak cukup, bahkan obatpun kadang tidak memberikan hasil yang maksimal. Sehingga perlu dilakukan pengobatan dengan cara terapi modalitas. Apa itu terapi modalitas? Terapi modalitas adalah berbagai macam alternatif terapi yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa. Gangguan jiwa merupakan berbagai bentuk penyimpangan perilaku dengan penyebab pasti belum jelas. Oleh karenanya, diperlukan pengkajian secara mendalam untuk mendapatkan faktor pencetus dan pemicu terjadinya gangguan jiwa. Selain itu, masalah kepribadian awal, kondisi fisik pasien, situasi keluarga, dan masyarakat juga memengaruhi terjadinya gangguan jiwa.
Intervensi yang dilakukan disesuaikan dengan penyebab utama terjadinya masalah keparawatan. Contohnya ; pada pemberian obat, peran perawat difokuskan pada pengenalan jenis farmakoterapi yang diberikan, mengidentifikasi efek samping, dan kolaborasi penanganan efek samping obat. Pada pemberian terapi kejang listrik (electroconvulsive therapy—ECT) peran perawat adalah menyiapkan pasien dan mengevaluasi kondisi pasien setelah mendapatkan terapi kejang listrik. Pada kelompok psikoterapi, perawat dapat memberikan berbagai upaya pencegahan dan penanganan perilaku agresif, intervensi krisis, serta mengembangkan terapi kognitif, perilaku, dan berbagai terapi aktivitas kelompok. Pada kelompok terapi lingkungan, perawat perlu mengidentifikasi perlunya pelaksanaan terapi keluarga, terapi lingkungan, terapi okupasi, dan rehabilitasi.
Terapi yang akan dilaksanakan bergantung pada kondisi pasien dengan berbagai macam latar belakang kejadian kasusnya. Biasanya dilakukan berbagai macam terapi modalitas, tidak hanya satu."


5. Lili Putri Roesanti

pada : 18 September 2017

"Assalamualaikum Wr.Wb perkanalkan saya Lili Putri Roesanti NIM 131511133122. Saya akan meresume dari materi perkuliahan terapi modalitas
• Beberapa terapi modalitas yang digunakan dalam keperawatan jiwa:
1. Terapi aktivitas kelompok adalah bentuk terapi kepada klien yang dibentuk dalam kelompok, suatu pendekatan perubahan perilaku melalui media kelompok. Dalam terapi kelompok perawat berinteraksi dengan sekelompok klien secara teratur. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran diri klien, meningkatkan hubungan interpersonal, dan mengubah perilaku maladaptive
2. Layanan rehabilitasi menyediakan berbagai terapi yang dapat digunakan pasien yaitu terapi musik dan terapi untuk meningkatkan kreatifitas pasien dengan menyalurkan kegiatan yang positif seperti membuat anyaman atau beternak.
• Level perawatan dan tindakan dapat dilakukan di
1. Rumah sakit jiwa
2. Keswa di RSU
3. Tim kesehatan jiwa di (kabupaten/kota)
4. Pelayanan keswa di Puskesmas
5. Formal dan informal di komunitas diluar sektor kesehatan
6. Perawatan diri individu dan keluarga
Terima kasih. Wassalamualaikum Wr.Wb
"


6. Erlinna Nur Syah Putri

pada : 18 September 2017

"Terapi Modalitas adalah suatu pendekatan penanganan pada pasien gangguan jiwa dengan cara yang bervariasi. Tujuan dari terapi modalitas ini adalah untuk mengubah perilaku klien dengan gangguan jiwa dari perilaku mal-adaptif menjadi perilaku yang adaptif. Jenis terapi modalitas ada beberapa macam yaitu terapi individual, lingkungan, biologi / somatic, kognitif, keluarga, kelompok, perilaku, dan bermain. Prinsip pelaksanaan terapi modalitas adalah perawat berperan sebagai terapis yang mendasarkan pada potensi yang dimiliki oleh pasien untuk proses penyembuhan. "


Tinggalkan Komentar
Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Note

Blog ini digunakan sebagai media ekspresi dosen, informasi dan komunikasi, sarana pembelajaran untuk interaksi antara Dosen Pembimbing dan Mahasiswa. Blog ini juga dapat digunakan untuk khalayak umum pemerhati masalah kesehatan dan keperawatan, Terimakasih.

Greetings

Terimakasih, Selamat bergabung dengan Blog Kami, Yusuf, Departemen Keperawatan Jiwa & Komunitas, Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga Surabaya.

Pengunjung

437551