Mental Health, Begins with Me

Ah-Yusuf, Nursing, Universitas Airlangga

Resume Kuliah Jiwa 3 A2
diposting oleh ah-yusuf-fkp - 24 August 2017
kategori : Keperawatan Jiwa - 35 komentar

Setelah mengikuti perkuliahan, tuliskan resume atau umpan balik Anda disini...

terimakasih.



35 Komentar

1. Ni Komang Ayu Santika

pada : 25 August 2017

"-Resume: Terapi Modalitas dalam Keperawatan Jiwa-
Terapi modalitas adalah berbagai terapi yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa.
Pada pasien dengan gangguan jiwa, terapi psikofarmako saja tidak akan cukup untuk menyembuhkan kondisi pasien. Hal ini dikarenakan psikofarmako hanya dapat menenangkan pasien sesaat saja, kurang lebih hanya 2 jam. Terapi tambahan, seperti aktivitas kelompok terbukti mampu membuat pasien lebih semangat dan memberikan dampak positif bagi kesembuhannya. Selain itu, gangguan jiwa tidak hanya berhubungan dengan neurotransmitter saja, namun juga dengan behavior dan kognitif, jadi dengan tambahan terapi alternative berupa terapi modalitas akan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan hanya diberikan psikofarmako.
Jenis terapi modalitas yang diberikan haruslah sesuai dengan kondisi pasien. Misalnya: pasien dengan diagnosa menarik diri perlu diberikan terapi sosialisasi; pasien dengan diagnosa halusinasi diberikan terapi persepsi sensori; atau pasien yang agresif diberikan TAK penyaluran energy. Terapi yang diberikan lebih baik dikombinasikan agar hasilnya maksimal dan juga divariasikan agar pasien tidak mudah bosan.
Dalam merawat pasien, perawat tidak boleh menggunakan kekerasan. Rawatlah pasien dengan penuh perasaan dan juga komunikasi yang efektif. Peran keluarga juga harus dilibatkan dalam perawatan agar proses penyembuhan pasien dapat optimal."


2. Ririn Arianta

pada : 28 August 2017

"Terapi modalitas adalah berbagai macam alternative terapi yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa. Psikofarma yang diberikan pada pasien gangguan jiwa tidak selalu memberikan kerja yang efektif sehingga harus dipilih terapi lain seperti terapi aktivitas kelompok atau yang lainnya.

Terapi yang diberikan pada pasien gangguan jiwa disesuaikan dengan kondisi seperti contoh pada pasien gangguan sensori persepsi maka diberikan terapi stimulasi sensori seperti mengambar, pasien agresif maka diberikan terapi penyaluran energi seperti sepak bola. Musik juga dapat dijadikan alternatif terapi, dalam hal ini musik yang dipilih juga disesuaikan dengan kondisi pasien. Pada pasien dengan kondisi atau keadaan agresif seharusnya dipilih jenis musik yang memiliki pitc yang rendah sehingga dapat menenagkan keadaannya.

Dalam beberapa keadaan ada yang menggunakan terapi “Tempeleng” terapi ini digunakan dengan maksud membuat jera pada pasien. Namun terapi ini tidak dibenarkan dan seharusnya tidak dilakukan.

Terapi modalitas yang dilakukan pada manusia bisa dibedakan menjadi 3 bagian yaitu badan, jiwa dan lingkungan. Somato terapi terdiri dari farmakoterapi, ECT, pembedahan. Terapi pada jiwa (Psikoterapi) terdiri dari Supportif dan genetic dinamic. Terapi lingkungan terdiri dari manipulasi lingkungan dan sosial.
"


3. Elly Ardianti

pada : 29 August 2017

"Berbagai upaya akan dilakukan demi kesembuhan pasien jiwa. Salah satu pengbatan yang dapat ditempuh adalah terapi modalitas. Terapi modalitas adalah berbagai pendekatan penanganan klien gangguan jiwa yang bervariasi, yang bertujuan untuk mengubah perilaku klien gangguan jiwa dengan perilaku mal adaptifnya menjadi perilaku adaptif. Salah satu alasan dipilihnya terapi modalitas adalah karena kurang efektifnya terapi psikofarmaka. Terapi psikofarmaka contohnya dalah pemberian ECT. Apabila ECT diberikan pada manusia normal akan memberikan efek penenang selama 24 jam, sedangkan apabila diberikan pada pasien jiwa hanya memberikan efek penenang selama 2 jam. Jadi sebaiknya dilakukan terapi modalitas untuk memperoleh hasil yang lebih baik.
Terapi modalitas terdiri dari beberapa jenis antara lain terapi individual, terapi lingkungan, terapi biologi atau terapi somatic, terapi kognitif, terapi keluarga, terapi kelompok, terapi perilaku, dan terapi bermain. Jenis terapi yang diberikan harus disesuaikan dengan kondisi pasien. Dalam hal ini sangat diperlukan pemikiran kritis perawat untuk menentukan terapi yang sesuai. Misalnya terapi untuk orang yang menarik diri adalah terapi sosialisasi. Sedangkan terapi untuk orang halusinasi adalah terapi orientasi. Selain itu terdapat juga terapi musik. Terapi musik diberikan melalui stimulasi sensori. Jenis-jenis lagu yang diberikan dapat mempengaruhi perasaan seseorang dan dipercaya dapat memberikan ketenangan. Terapi musik ini diberikan dalam bentuk backsound. Perawat harus bersikap sabar, telaten dan ulet dalam melakukan terapi modalitas. Selain itu perawat dapat memberikan penghargaan kepada pasien terhadap perilaku positif yang telah dilakukan pasien. Perawat juga dapat memberikan edukasi kepada keluaga agar dapat ikut berpartisipasi dalam melakukan terapi modalitas terhadap pasien selama di rumah.



"


4. Fifa Nasrul Ummah

pada : 05 September 2017

"Resume: Terapi Modalitas Dalam Keperawatan Jiwa
Terapi Modalitas Dalam Keperawatan Jiwa adalah berbagai alternative terapi yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa. Salah satu alasan dipilihnya terapi modalitas adalah karena kurang efektifnya terapi psikofarmaka. Dalam terapi modalitas terdapat beberapa terapi yang bisa dilakukan meliputi terapi individual, terapi lingkungan, terapi biologi atau terapi somatik, terapi kognitif, terapi keluarga, terapi kelompok, terapi perilaku, dan terapi bermain.
Pada terapi modalitas harus ada perpaduan antara badan, jiwa, dan lingkungan. Badan (somato tx) terapi yang digunakan yaitu farmako terapi, ECT, dan pembedahan. Pada Jiwa terapi yang digunakan yaitu supportif dan genetic dinamik, dan pada lingkungan yaitu manipulasi lingkungan dan sosio terapi. Jenis terapi modalitas harus diberikan sesuai dengan keadaan pasien. Contohnya pasien dengan gangguan persepsi sensori terapi yang harus diberikan yaitu terapi stimulasi sensori seperti menggambar. Pasien yang agresif harus diberikan terapi penyaluran energy seperti sepak bola. Dalam melakukan terapi modalitas ini perawat harus bersikap sabar, telaten dan tidak melakukan kekerasan pada pasien. Perawat juga harus konsisten bersikap terapeutik pada pasien
"


5. Oktiana Duwi Firani

pada : 05 September 2017

"Terapi modalitas merupakan berbagai macam aktivitas terapi untuk pasien yang mengalami gangguan jiwa. Pasien gangguan jiwa perlu mendapatkan terapi yang komprehensif dan berkelanjutan, sekaligus menggaris bawahi bahwa terapi tidak hanya bisa ditunjang dengan psikofarmaka saja. Psikofarmaka yang diberikan pada pasien dengan gangguan jiwa hanya memiliki efek sesaat, kurang lebih hanya 2 jam walaupun diberikan dalam dosis yang besar.
Terapi modalitas menggunakan berbagai metode terapi sesuai indikasi kelompok. Seperti terapi aktivitas kelompok, terapi musik dengan bit tertentu sesuai kondisi pasien, terapi berbasis keluarga dan komunitas sebagai langkah edukasi, terapi kognitif dan sebagainya. Terapi yang diberikan lebih baik dikombinasikan agar hasilnya maksimal dan juga divariasikan agar pasien tidak mudah bosan.
Penerapan terapi modalitas harus melihat kebutuhan dari pasien serta keefektifannya dengan melihat aspek badan, jiwa dan lingkungan. Serta, Peran keluarga yang sangat diperlukan mengingat untuk kesembuhan pasien secara cepat.
"


6. Ayu Rahmawati

pada : 05 September 2017

"-Resume Terapi Modalitas-
Terapi modalitas adalah berbagai macam alternatif terapi yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa. Konsep teori modalitas dalam keperawatan kesehatan jiwa terus mengalami perkembangan disesuaikan dengan masalah yang dialami klien, intervensi keperawatan disesuaikan dengan penyebab utama terjadinya masalah keperawatan.
Terapi modalitas meliputi:
A.Terapi badan/Somatik Terapi: Farmakoterapi, ECT, Pembedahan
Pada pemberian somatoterapi, peran perawat difokuskan pada pengenalan jenis farmakoterapi yang diberikan, mengidentifikasi efek samping, dan kolaborasi penanganan efek samping obat. Pada pemberian ECT, peran perawat adalah menyiapkan pasien dan mengevaluasi kondisi pasien setelah mendapatkan terapi kejang listrik.
B.Terapi Jiwa/Psikoterapi: Suportif, Dinamika genetik meliputi terapi perilaku dan terapi aktivitas kelompok.
Pada kelompok psikoterapi, perawat dapat memberikan berbagai upaya pencegahan dan penanganan perilaku agresif, intervensi krisis, serta mengembangkan terapi kognitif, perilaku, dan berbagai terapi aktivitas kelompok
C.Terapi Lingkungan: Manipulasi lingkungan dan sosioterapi.
Perawat perlu mengidentifikasi perlunya pelaksanaan terapi keluarga, terapi lingkungan, terapi okupasi, dan rehabilitasi.
Pemilihan terapi yang akan dilaksanakan bergantung pada kondisi pasien dengan berbagai macam latar belakang kejadian kasusnya. Pilihan salah satu terapi dapat dikombinasikan dengan terapi lain.
"


7. LAILATUR ROKHMAH

pada : 07 September 2017

" Terapi modalitas merupakan berbgai terapi yang dapt diberikan pada pasien gangguan jiwa. Seperti: music, karya seni, dll
 Terapi modalitas dapat dilakukan dengan aktifitas keterlibatan dari pasien .
 Kerugian dari terapi psikofarmaka harus selektif dan tidak baik jika dikonsumsi terus menerus sehingga dapat diganti dengan terapi modalitas
 Pemilihan terapi yang akan dilaksanakan bergantung pada kondisi pasien dengan berbagai macam latar belakang kejadian kasusnya. Pilihan salah satu terapi dapat dikombinasikan dengan terapi lain
 Manusia memiliki 3 unsur yaitu badan, jiwa, dan lingkungan
1. Terapi modalitas untuk badan : Farmakoterapi, ECT, Pembedahan
2. Terapi untuk Jiwa : Supportif, Genetic dinamik
3. Terapi Lingkungan : manipulasi lingkungan & sosio terapi Perawat perlu mengidentifikasi perlunya pelaksanaan terapi keluarga, terapi lingkungan, terapi okupasi, dan rehabilitasi
Tatacara pengobatan
RS- BErdasarkan keperawatan psikiatrik
- Transisi RSpsikiatrik : inpatient and partial hospital program
- Melaksnakan lingkungan teraupetik
- Mengimplementasikan aktifitas caring
- Mengintegrasikan pengantaran cring
- Mengevaluasi out-come
Komunitas keperawatan pskiatrik adalah : kesehatan masyarakat, tim medis , tim sistem , pasien, peran perawat.
"


8. Alip Nur Apriliyani

pada : 07 September 2017

"Terapi modalitas dalam keperawatan jiwa adalah berbagai alternative terapi yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa. Terapi modalitas dilakukan karena psikofarmaka kurang efektif dalam menyembuhkan pasien gangguan jiwa. Pada pasien gangguan jiwa, psikofarmaka hanya berfungsi dalam waktu 2 jam. Terapi modalitas ini meliputi terapi badan atau somatic terapi, terapi jiwa atau psikoterapi, dan terapi lingkungan. Terapi badan yang digunakan yaitu farmakoterapi, ECT, dan pembedahan. Pada terapi jiwa menggunakan terapi supportif dan genetic dinamik. Sedangkan pada terapi lingkungan menerapkan manipulasi lingkungan dan sosioterapi.
Perawatan dalam terapi modalitas terdiri dari perawatan psikiatri berbasis rumah sakit, perawatan keperawatan komunitas psikiatri, dan rumah perawatan psikiatri. Perawatan psikiatri berbasis rumah sakit meliputi rumah sakit jiwa dalam masa transisi, program rawat inap, program rumah sakit parsial, pengelolaan lingkungan terapeutik, melaksanakan kegiatan pemberian perawatan, integrasi pemberian perawatan, dan evaluasi out-come. Perawatan keperawatan komunitas psikiatri meliputi model kesehatan masyarakat, model biologis-medis, model system, model berpusat pada pasien, dan peran keperawatan."


9. Asti Pratiwi

pada : 08 September 2017

"Terapi Modalitas dalam Keperawatan Jiwa
Terapi modalitas merupakan berbagai macam alternatif atau terapi yang diberikan pada pasien dengan gangguan jiwa dan bertujuan untuk mengubah perilaku pasien yang mal adaptif menjadi perilaku yang adaptif. Terapi modalitas diberikan karena rehap atau terapi pada pasien gangguan jiwa dengan menggunakan psikofarmaka atau psikotropika saja tidak cukup karena hanya bekerja dalam beberapa jam saja (hanya efektif dalam waktu 2 jam) dan tidak semua terapi dengan psikofarmaka itu baik. Misalnya pasien dengan gangguan jiwa diberikan terapi aktivitas kelompok dimana dengan terapi tersebut membuat pasien lebih semangat dan mampu bekerja sama yang baik dengan teman sekelompoknya. Terapi modalitas terdiri dari:
a. Terapi badan/ somato terapi, yaitu dengan farmako terapi, ECT, dan pembedahan.
b. Psikoterapi/ terapi jiwa, yaitu dengan supportif dan genetic dinamik.
c. Manipulasi lingkungan dan sosio terapi.
Terapi modalitas diberikan sesuai dengan kondisi pasien misalnya pasien dengan halusinasi maka kita bisa memberikan terapi dengan mengorientasikam pada hal yang realistis, pasien dengan menarik diri bisa dengan mengajaknya berkomunikasi, pasien dengan gangguan persepsi dan sensori bisa dengan memberikan terapi untuk menerjemahkan gambar, dan pasien yang agresif bisa dengan memberikan stimulasi aktivitas (seperti olahraga, sepak bola, dan lain-lain). Dan pelayanan rehabilitasi bisa juga diberikan dengan kerajinan tangan serta terapi musik. Jadi terapi modalitas merupakan terapi yang mendatangkan banyak manfaat bagi pasien gangguan jiwa, selain itu juga bisa memberikan keuntungan, dan sangat efektif.
"


10. Niswatus Sangadah

pada : 09 September 2017

"Terapi modalitas adalah berbagai alternatif terapi yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa. Terapi ini diberikan dalam upaya mengubah perilaku pasien dari perilaku maladaptif menjadi perilaku adaptif. Terapi modalitas mendasarkan potensi yang dimilki pasien (modal-modality) sebagai titik tolak terapi atau penyembuhannya. Pemilihan terapi yang dilaksanakan bergantung pada kondisi pasien dengan berbagai macam latar belakang kasusnya. Dalam pelaksanaan proses pengobatan pasien gangguan jiwa, terapi yang digunakan tidak bisa hanya 1 terapi saja, tetapi harus dikombinasikan. Jarang sekali pasien gangguan jiwa dapat diselesaikan dengan 1 terapi.
Terapi modalitas yang dapat digunakan :
a.Terapi badan : Somato terapi (farmakoterapi, ECT dan Pembedahan).
b.Terapi jiwa : Psikoterapi (Supportif, Genetik dinamik)
c.Terapi lingkungan : manipulasi lingkungan dan sosioterapi.
"


11. Lilik Choiriyah

pada : 13 September 2017

"Assalamualikum Wr. Wb.
Saya Lilik Choiriyah 131511133064
Terapi modalitas dalam keperawatan jiwa merupakan suatu terapi alternatif selain menggunakan obat (psikofarmakal) yang terdiri dari berbagai metode dengan tujuan mengendalikan dan pemberdayaan diri bagi pasien jiwa. Terapi ini dapat dilakukan dengan cara aktivitas yang berkelompok, seperti mendengarkan musik (terapi musik), berternak ayam (terapi kelompok), dan masih banyak terapi lainnya.
Terapi modalitas juga dapat disebut dengan proses pemulihan fungsi fisik mental emosional dan sosial ke arah yang dilakukan secara holistik. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pengobatan dan perawatan pasien jiwa tidak hanya menggunakan psikofarmakal, melainkan diselingi dengan beberapa terapi modalitas untuk mengubah perilaku yang mal adaptif menjadi adaptif.
Terima Kasih. Wassalamualikum Wr. Wb."


12. Siti Lusiyanti

pada : 13 September 2017

"Terapi modalitas adalah berbagai alternative terapi yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa. Terapi modalitas juga dapat dikatakan sebagai terapi utama dalam keperawatan jiwa. Terapi ini di berikan sebagai upaya untuk mengubah perilaku pasien dari perilaku maladaptif menjadi perilaku adaptif. Prinsip terapi modalitas mendasarkan potensi yang dimiliki pasien (modal-modality) sebagai titik tolak terapi atau penyembuhannya.
Terapi modalitas meliputi:
a. Terapi badan/Somatik Terapi: Farmakoterapi, ECT, Pembedahan
b. Terapi Jiwa/Psikoterapi: Suportif, Dinamika genetik meliputi terapi perilaku dan terapi aktivitas kelompok.
c. Terapi Lingkungan: Manipulasi lingkungan dan sosioterapi.

Treatment Setting:
- Hospital-Based Psychiatric Nursing Care
- Community Psychiatric Nursing Care
- Home Psychiatric Nursing Care
"


13. Windi Khoiriyah

pada : 13 September 2017

""Terapi modalitas dalam keperawatan Jiwa"
Terapi modalitas dalam keperawatan Jiwa adalah terapi yang bentuknya berbagai macam alternatif terapi yang dapat digunakan pada pasien gangguan jiwa. Dapat diketahui bahwa terapi psikofarmaka harus selektif yang jika digunakan pasien ganggguan jiwa hanya dapat berfunsi selama 2 jam sedangkan pada orang yang normal bisa tertidur sampai 24 jam dan penggunaan obat psikofarmakan juga tidak baik jika dikonsumsi terus menerus sehingga muncul adanya terapi modalitas ini. Mulanya menggunakan terapi aktivitas kelompok yang menggunakan 10 pasien dengan 1 perawat, ada juga terapi musik misalnya jenis lagu keroncong atau klasik, jenis terapi lainnya juga digunakan seperti terapi berbasis keluarga (CMHN), kemudian ada juga terapi tempeleng yang sebenarnya tidak boleh dilakukan. Terapi modalitas meliputi:
1. Terapi pada badan/somatik: contohnya psikofarmaka, ECT, Pembedahan
2. Terapi pada jiwa/ psikoterapi: contohnya supportif, genetik dinamik
3. Terapi pada lingkungan: contohnya manipulasi lingkungan dan sosio terapi


"


14. Fitria Kusnawati

pada : 13 September 2017

"Terapi modalitas yaitu suatu terapi yang dilakukan dengan cara melakukan berbagai pendekatan penanganan pada klien dengan gangguan jiwa. Terapi modalitas adalah terapi dalam keperawatan jiwa, dimana perawat mendasarkan potensi yang dimiliki klien (modal-modality) sebagai titik tolak terapi atau penyembuhan.
Jenis-jenis terapi modalitas adalah sebagai berikut:
1. Terapi badan/Somatik Terapi: Farmakoterapi, ECT, Pembedahan
Pada pemberian somatoterapi, peran perawat difokuskan pada pengenalan jenis farmakoterapi yang diberikan, mengidentifikasi efek samping, dan kolaborasi penanganan efek samping obat. Pada pemberian ECT, peran perawat adalah menyiapkan pasien dan mengevaluasi kondisi pasien setelah mendapatkan terapi kejang listrik.
2. Terapi Jiwa/Psikoterapi: Suportif, Dinamika genetik meliputi terapi perilaku dan terapi aktivitas kelompok.
Pada kelompok psikoterapi, perawat dapat memberikan berbagai upaya pencegahan dan penanganan perilaku agresif, intervensi krisis, serta mengembangkan terapi kognitif, perilaku, dan berbagai terapi aktivitas kelompok
3. Terapi Lingkungan: Manipulasi lingkungan dan sosioterapi.
Perawat perlu mengidentifikasi perlunya pelaksanaan terapi keluarga, terapi lingkungan, terapi okupasi, dan rehabilitasi.
Penerapan terapi modalitas harus melihat kebutuhan dari pasien serta keefektifannya dengan melihat aspek badan, jiwa dan lingkungan.
"


15. Siska Kusuma Ningsih

pada : 14 September 2017

"Resume Terapi Modalitas
Terapi modalitas dalam keperawatan jiwa adalah berbagai alternative terapi yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa. Terapi modalitas dilakukan tidak hanya mengandalkan psikofarmaka.
Terapi modalaitas dapat digunakan:
1. Terapi badan atau somato, yaitu dengan farmako terapi, ECT, pembedahan, dan lain-lain.
2. Jiwa, yaitu dengan supportif, genetik dinamik
3. Lingkungan, yaitu dengan manipulsi lingkungan dan sosio terapi
Pemilihan terapi yang akan dilaksanakan bergantung pada kondisi klien sesuai dengan latar belakang kejadian kasusnya. Terapi dapat dikombinasikan dengan terapi lain.
"


16. Khulasotun nuriyah

pada : 14 September 2017

"Terapi modalitas dalam keperawatan jiwa adalah berbagai alternative terapi yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa. Terapi ini diberikan dalam upaya mengubah perilaku pasien dari perilaku maladaptif menjadi perilaku adaptif. Terapi modalitas mendasarkan potensi yang dimilki pasien (modal-modality) sebagai titik tolak terapi atau penyembuhannya. Dapat juga didefinisikan terapi modalitas adalah suatu pendekatan penanganan klien dengan gangguan yang bervariasi yang bertujuan untuk mengubah prilaku klien dengan gangguan jiwa dengan prilaku maladaptifnya menjadi prilaku yang adaptif. Terapi modalitas terdiri dari:
a. Terapi badan/ somato terapi, yaitu dengan farmako terapi, ECT dan pembedahan
b. Psikoterapi/ terapi jiwa, yaitu dengan supportif dan genetic dinamik
c. Manipulasi lingkungan dan sosio terapi
"


17. Yenny Paramitha

pada : 14 September 2017

"Terapi Modalitas adalah salah satu terapi alternatif yang dapat diberikan pada pasien dengan gangguan jiwa. Pada pasien dengan gangguan jiwa, permasalahannya terletak pada kognitif dan perilaku. Oleh karena itu, berdasarkan Teori Pemberdayaan Diri: Teori Tidal Model, terdapat 2 jenis teori yang bisa diterapkan pada pasien dengan gangguan jiwa. Pertama, teori aktivitas kelompok, teori ini menjelaskan bagaimana membentuk komunikasi dan sosialisasi, dan memberikan penyaluran energi agar pasien tidak agresif. Kedua, pelayanan rehabilitatif, yaitu melatih pasien membuat kerajinan dan memberikan terapi musik untuk melatih sensori agar tercipta ketenangan (tidak untuk pasien depresi).
Hal yang harus diingat perawat saat menangani pasien gangguan jiwa yaitu tidak boleh menggunakan kekuatan fisik. Berikut terapi modalitas yang dapat dilakukan oleh perawat, antara lain:
a. Badan
Terapi Somato : Farmakoterapi, ECT, Pembedahan.
b. Jiwa
Psikoterapi : Supportif dan genetik dinamik.
c. Lingkungan
Manipulasi lingkungan dan terapi sosial.
"


18. Prisdamayanti Ayuningsih

pada : 14 September 2017

"Terapi modalitas yaitu suatu terapi yang dilakukan dengan cara melakukan
berbagai pendekatan penanganan pada klien dengan gangguan jiwa. Terapi modalitas
merupakan terapi dalam keperawatan jiwa , dimana perawat mendasarkan potensi yang
dimiliki klien sebagai titik tolak terapi atau penyembuhan. Tujuan terapi modalitas ini
adalah untuk menimbulkan kesadaran terhadap salah satu perilaku klien, meningkatkan
kemndirian, membantu adaptasi terhadap situasi sekarang, mempengaruhi keterampilan
merawat diri sendiri dan meningkatkan aktivitas.
Ada beberapa Jenis terapi modalitas
1.Terapi individual
Pada terapi individual yang harus dikerjakan pertama kali adalah membina
hubungan saling percaya, tahapan selanjutnya adalah klien bersama perawat
mendiskusikan apa yang menjadi latar belakang munculnya masalah pada
klien, tahapan yang terakhir adalah orientasi dimana perawat-klien
menyepakati untuk menentukan tujuan yang hendak dicapai dan bagaimana
dalam melaksanakan tujuan tersebut.
2.Terapi lingkungan
Memanipulasi lingkungan dan sosioterapi
3.Terapi biologis
Penerapan terapi biologis atau terapi somatic didasarkan pada model
medical di mana gangguan jiwa dipandang sebagai penyakit. da beberapa
jenis terapi somatic gangguan jiwa meliputi: pemberian obat (medikasi
psikofarmaka), intervensi nutrisi,electro convulsive therapy (ECT), foto
terapi, dan bedah otak.
4.Terapi jiwa/Psikiatrik
Suportif, Dinamika genetik meliputi terapi perilaku dan terapi aktivitas
kelompok. Pada kelompok psikoterapi, perawat dapat memberikan berbagai
upaya pencegahan dan penanganan perilaku agresif, intervensi krisis, serta
mengembangkan terapi kognitif, perilaku, dan berbagai terapi aktivitas
kelompok"


19. Sri Wulandari

pada : 14 September 2017

"Terapi modalitas yaitu suatu terapi yang dilakukan dengan cara melakukan berbagai pendekatan penanganan pada klien dengan gangguan jiwa. Terapi modalitas merupakan terapi dalam keperawatan jiwa , dimana perawat mendasarkan potensi yang dimiliki klien sebagai titik tolak terapi atau penyembuhan. Tujuan terapi modalitas ini adalah untuk menimbulkan kesadaran terhadap salah satu perilaku klien, meningkatkan kemndirian, membantu adaptasi terhadap situasi sekarang, mempengaruhi keterampilan merawat diri sendiri dan meningkatkan aktivitas. Aktivitas dapat pasien gangguan jiwa lebih kooperativ tidak hanya mengandalkan psikofarma.
Ada beberapa Jenis terapi modalitas
1. Terapi individual
Pada terapi individual yang harus dikerjakan pertama kali adalah membina hubungan saling percaya, tahapan selanjutnya adalah klien bersama perawat mendiskusikan apa yang menjadi latar belakang munculnya masalah pada klien, tahapan yang terakhir adalah orientasi dimana perawat-klien menyepakati untuk menentukan tujuan yang hendak dicapai dan bagaimana dalam melaksanakan tujuan tersebut.
2. Terapi lingkungan
Memanipulasi lingkungan dan sosioterapi
3. Terapi jiwa/Psikologis
Suportif, Dinamika genetik meliputi terapi perilaku dan terapi aktivitas kelompok. Pada kelompok psikoterapi, perawat dapat memberikan berbagai upaya pencegahan dan penanganan perilaku agresif, intervensi krisis, serta mengembangkan terapi kognitif, perilaku, dan berbagai terapi aktivitas kelompok"


20. Regina Dwi Fridayanti

pada : 14 September 2017

"Terapi modalitas merupakan suatu terapi yang dilakukan dengan cara melakukan berbagai pendekatan penanganan pada klien dengan gangguan jiwa. Terapi modalitas adalah terapi dalam keperawatan jiwa, dimana perawat mendasarkan potensi yang dimiliki klien (modal-modality) sebagai titik tolak terapi atau penyembuhan yang bertujuan untuk mengubah perilaku maladaptifnya menjadi perilaku yang adaptif.
Berikut terapi modalitas yang dapat digunakan:
a.Badan/Somato terapi, meliputi farmakoterapi, ECT, Pembedahan
b. Jiwa/Psikoterapi, meliputi supportif, genetic dinamik
c. Lingkungan, dengan cara manipulasi lingkungan dan melakukan sosio terapi
Terapi modalitas sendiri memiliki berbagai macam jenis yang dapat digunakan sebagai terapi alternatif pada klien dengan gangguan jiwa, salah satunya ada terapi aktivitas kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan ekspresi diri, ketrampilan sosial, meningkatkan kepercayaan diri klien."


21. Umi Nafiatul Hasanah

pada : 18 September 2017

"Terapi Modalitas adalah berbagai pendekatan penanganan klien gangguan jiwa yang bertujuan untuk mengubah perilaku maladaptif menjadi perilaku adaptif. Pada terapi modalitas tetap mengutamakan unsur badan, jiwa, dan lingkungan. Unsur badan dapat menggunakan terapi somato: farmakoterapi, ECT, dan pembedahan. Unsur jiwa dapat menggunakan psikoterapi: supportif dan genetik dinamik.
Unsur lingkungan dapat menggunakan manipulasi lingkungan dan sosio terapi. Jenis terapi modalitas antara lain yaitu terapi individual, terapi lingkungan (milleu therapy), terapi biologis atau terapi somatic, terapi kognitif, terapi keluarga, terapi kelompok, terapi perilaku, serta terapi bermain.
Prinsip pelaksanaan terapi modalitas adalah perawat sebagai terapis mendasarkan potensi yang dimiliki pasien sebagai titik tolak terapi atau penyembuhan."


22. Nensi Nur Asipah

pada : 18 September 2017

"Terapi modalitas adalah berbagai pendekatan penanganan klien gangguan jiwa yang bervariasi, yang bertujuan untuk mengubah perilaku klien gangguan jiwa dengan mengubah perilaku maladaptif menjadi perilaku yang adaptif. Terapi modalitas merupakan proses pemulihan fungsi fisik mental emosional dan sosial ke arah keutuhan pribadi yang dilakukan secara holistik .
Terapi modalitas yang dapat digunakan, meliputi :
1. Terapi Badan atau Somato, yaitu dengan farmako terapi, ECT dan pembedahan.
2. Psikoterapi atau Terapi Jiwa, yaitu dengan supportif dan genetik dinamik.
3. Lingkungan, yaitu dengan melakukan manipulasi lingkungan dengan sosio terapi.
Keberhasilan dari suatu sistem terapi psikis yang dilakukan bergantung pada komunikasi maupun feedback yang didapatkan antara pasien dengan terapisnya, dimana perawat sebagai terapis mendasarkan potensi yang dimiliki klien sebagai titik penyembuhan."


23. Kifayatus Saadah

pada : 26 September 2017

"Terapi modalitas merupakan berbagai alternatif terapi yang dapat diberikan pada klien gangguan jiwa. Terapi modalitas adalah terapi dalam keperawatan jiwa, dimana perawat mendasarkan potensi yang dimiliki klien (modal-modality) sebagai titik tolak terapi atau penyembuhannya (Sarka, 2008). Tujuan dari terapi modalitas untuk mengubah perilaku klien dari perilaku maladaptif menjadi perilaku adaptif.
Terapi modalitas yang dapat diberikan pada klien gangguan jiwa :
1. Badan (somato terapi), meliputi : farmakoterapi, ECT, dan pembedahan
2. Jiwa (psikoterapi), meliputi : supportif dan genetic dinamik
3. Lingkungan, meliputi : manipulasi lingkungan dan sosio terapi
Jenis terapi modalitas, meliputi :
a. Terapi individual
b. Terapi lingkungan (milleu therapy)
c. Terapi keluarga
d. Terapi aktivitas kelompok
e. Terapi perilaku
f. Terapi bermain
g. Terapi biologis atau terapi somatic
h. Terapi kognitif
"


24. Alfi Rahmawati Mufidah

pada : 26 September 2017

"Terapi modalitas dalam keperawatan adalah berbagai alternative terapai yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa. Pendekatan penanganan klien gangguan jiwa yang bervariasi, yang bertujuan untuk mengubah perilaku klien dengan gangguan jiwa denga perilaku mal adaptifnya menjadi perilaku yang adaptif. Jenis terapi modalitas terdiri dari: terapi individual, terapi llingkungan (milleau terapi), terapi biologi atau terapi somatic, terapi kognitif, terapi keluarga, terapi kelompok, terapi perilaku, terapi bermain.
Dalam prinsip pelaksanaannya perawat sebagai terapis mendasarkan potensi yang dimiliki oleh klien sebagai titik tolak terapi atau penyembuhan. Kombinasi dalam terapi modalitas itu penting. Dalam hal ini perawat mempunyai peranan yang penting untuk mengkombinasikan berbagai terapi modalitas sehingga perubahan perilaku klien dapat dicapai secara maksimal. Untuk pemilihan jenis terapi yang akan diberikan bergantung pada kondisi klien pada saat ini."


25. Heny Oktora Safitri

pada : 26 September 2017

"Terapi modalitas adalah berbagai terapi alternative yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa. Psikofarmaka saja tidak cukup efektif untuk menyembuhkan kondisi pasien, sehingga dibutuhkan terapi tambahan seperti terapi aktivitas kelompok. Terapi yang diberikan pada pasien gangguan jiwa juga tidak asal-asalan melainkan disesuaikan dengan kondisi pasien. Terapi yang diberikan juga lebih baik dikombinasikan dan divariasikan agar pasien tidak mudah bosan. Di terapi modalitas ini ada yang namanya terapi tempeleng, akan tetapi sebisa mungkin terapi ini tidak digunakan karena terapi ini menggunakan kekerasan dan tentu tidak diperbolehkan di dunia medis. Selain psikofarmmaka dan terapi modalitas, peran keluarga juga diperlukan dalam perawatan agar proses kesembuhan pasien lebih optimal."


26. Heny Oktora Safitri

pada : 26 September 2017

"Terapi modalitas adalah berbagai terapi alternative yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa. Psikofarmaka saja tidak cukup efektif untuk menyembuhkan kondisi pasien, sehingga dibutuhkan terapi tambahan seperti terapi aktivitas kelompok. Terapi yang diberikan pada pasien gangguan jiwa juga tidak asal-asalan melainkan disesuaikan dengan kondisi pasien. Terapi yang diberikan juga lebih baik dikombinasikan dan divariasikan agar pasien tidak mudah bosan. Di terapi modalitas ini ada yang namanya terapi tempeleng, akan tetapi sebisa mungkin terapi ini tidak digunakan karena terapi ini menggunakan kekerasan dan tentu tidak diperbolehkan di dunia medis. Selain psikofarmmaka dan terapi modalitas, peran keluarga juga diperlukan dalam perawatan agar proses kesembuhan pasien lebih optimal."


27. Risniawati

pada : 27 September 2017

"Terapi modalitas merupakan berbagai pendekatan penanganan klien gangguan jiwa yang bervariasi, yang bertujuan untuk mengubah perilaku klien dengan gangguan jiwa dengan perilaku mal adaptifnya menjadi perilaku yang adaptif. Terapi modalitas adalah terapi dalam keperawatan jiwa, dimana perawat mendasarkan potensi yang dimiliki pasien (modal-modality) sebagai titik tolak terapi atau penyembuhannya (Sarka, 2008).
Dasar-dasar pemberian terapi modalitas:
- Gangguan jiwa tidak merusak seluruh kepribadian atau perilaku manusia
- Tingkah laku manusia selalu dapat diarahkan dan dibina ke arah kondisi yang mengandung reaksi( respon yang baru )
- Tingkah laku manusia selalu mengindahkan ada atau tidak adanya faktor-faktor yang sifatnya menimbulkan tekanan sosial pada individu sehingga reaksi individu tersebut dapat diprediksi ( reward dan punishment )
- Sikap dan tekanan sosial dalam kelompok sangat penting dalam menunjuang dan menghambat perilaku individu dalam kelompok sosial
- Terapi modalitas adalah proses pemulihan fungsi fisik mental emosional dan sosial ke arah keutuhan pribadi yang dilakukan secara holistik
Jenis-jenis terapi modalitas:
1. Terapi individual
2. Terapi lingkungan
3. Terapi biologis
4. Terapi kognitif
5. Terapi keluarga
6. Terapi aktivitas kelompok
7. Terapi perilaku
8. Terapi bermain
Sampai saat ini tidak ada jenis terapi modalitas yang dapat mengatasi semua masalah gangguan jiwa klien. Oleh karena itu, kombinasi terapi modalitas merupakan keharusan. Untuk itu perawat mempunyai peranan penting untuk mengkombinasikan berbagai terapi modalitas sehingga perubahan perilaku yang dicapai akan maksimal. Untuk mencapai langkah ini, perawat dituntut untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan berbagai pendekatan/strategi terapi modalitas.
"


28. Dewita Pramesti

pada : 28 September 2017

"Resume terapi modalitas :
Terapi modalitas merupakan terapi yang digunakan untuk pasien gangguan jiwa. Terapi ini bertujuan untuk proses penyembuhan pasien disamping terapi farmakologi. Karena jika hanya menggunakan terapi farmakologis efek penyembuhan akan lama. Jadi terapi modalitas bisa diterapkan pada semua pasien gangguan, terapi modalitas meliputi beberapa jenis antara lain terapi individual, terapi lingkungan, terapi biologi atau terapi somatic, terapi kognitif, terapi keluarga, terapi kelompok, terapi perilaku, dan terapi bermain. Pemberian jenis terapi melihat kondisi pasien. Peran perawat dalam hal terapi ini yaitu mengingatkan dan mengajak pasien supaya mengikuti terapi dengan teratur supaya mempercepat penyembuhan. Peran keluarga juga sangat dibutuhkan, peran tersebut seperti selalu mendukung dan berada pada pasien
"


29. Damai Widyandari

pada : 28 September 2017

"Terapi modalitas adalah terapi utama dalam keperawatan jiwa. Terapi ini di berikan dalam upaya mengubah perilaku pasien dari perilaku maladaptif menjadi perilaku adaptif. Terapi modalitas mendasarkan potensi yang dimiliki pasien (modal-modality) sebagai titik tolak terapi atau penyembuhannya. Tapi terapi ini bisa dipakai untuk terapi keperawatan keluarga. Suatu system terapi psikis yang keberhasilannya tergantung pada adanya komunikasi atau perilaku timbal balik antara pasien danterapis. Jenis dari terapi modalitas adalah terapi individual, terapi lingkungan, terapi biologi atau terapi asomatik, terapi kognitif, terapi keluarga, terapi kelompok, terapi perilaku dan terapi bermain. Tujuan terapi modalitas adalah menimbulkan kesadaran terhadap salah satu perilaku klien, mengurangi gejala gangguan jiwa, memperlambat kemunduran, membantu adaptasi terhadap situasi sekarang, membantu keluarga dan orang-orang yang berarti, mempengaruhi keterampilan merawat diri sendiri, meningkatkan aktivitas, meningkatkan kemandirian."


30. Agi Putri Afiyanti

pada : 29 September 2017

"Terapi modalitas adalah berbagai pendekatan penanganan klien gangguan jiwa yang bervariasi, yang bertujuan untuk mengubah perilaku klien dengan gangguan jiwa denga perilaku mal adaptifnya menjadi perilaku yang adaptif.
Masalah dalam gangguan jiwa => kognitif dan behavior (perilaku)
Psikoformaka tetap diberikan pada pasien gangguan jiwa yang sedang menjalani terapi modalitas. Dalam mengatasi gangguan jiwa dengan terapi modalitas harus dilihat terlebih dahulu kasusnya. Karena berbeda-beda pula penanganan terapinya.
Jenis terapi modalitas :
 Terapi individual
 Terapi lingkungan ( milleau terapi )
 Terapi biologi atau terapi somatic
 Terapi kognitif
 Terapi keluarga
 Terapi kelompok
 Terapi perilaku
 Terapi bermain
Terapi modalitas
Badan : Somato terapi
1. Farmako terapi
2. Pembedahan
3. Psychopharmacology
4. Somatic terapi
Jiwa: Psikoterapi
1. Supportif
2. Genetik dinamik
3. Preventing & managing aggressive behavior
4. Cognitive behavior
5. Therapeutic grup
Lingkngan : Manipulasi lingkungan dan sosioterapi
1. Family interventions
2. Millen therapies
3. Occupation
4. Rehabilitasi

"


31. Nurul Fauziyah

pada : 29 September 2017

"Terapi modalitas dalam keperawatan jiwa adalah berbagai alternative terapi yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa dengan menggunakan berbagai pendekatan penanganan klien gangguan jiwa yang bervariasi, yang bertujuan untuk mengubah perilaku klien dengan gangguan jiwa dengan perilaku maladaptifnya menjadi perilaku yang adaptif. Terapi modalitas dilakukan karena psikofarmaka yang dinilai kurang efektif dalam proses penyembuhan pasien gangguan jiwa. Pada pasien gangguan jiwa, psikofarmaka hanya berfungsi dalam waktu 2 jam, oleh karena itu terapi modalitas ini sangat penting untuk menyembuhkan pasien dengan gangguan jiwa. Dalam terapi modalitas terdapat beberapa terapi yang bisa dilakukan meliputi terapi individual, terapi lingkungan, terapi biologi atau terapi somatik, terapi kognitif, terapi keluarga, terapi kelompok, terapi perilaku, dan terapi bermain. Jenis terapi yang diberikan harus disesuaikan dengan kondisi pasien dan lebih baik dikombinasikan agar hasilnya maksimal dan juga divariasikan agar pasien tidak mudah bosan. Sampai dengan saat ini tidak ada jenis terapi modalitas yang dapat mengatasi semua masalah gangguan jiwa klien. Kombinasi terapi modalitas merupakan keharusan. Untuk itu perawat mempunyai peranan yang sangat penting untuk mengkombinasikan berbagai terapi modalitas sehingga perubahan perilaku yang dicapai akan maksimal. "


32. Nurul Fauziyah

pada : 29 September 2017

"Terapi modalitas dalam keperawatan jiwa adalah berbagai alternative terapi yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa dengan menggunakan berbagai pendekatan penanganan klien gangguan jiwa yang bervariasi, yang bertujuan untuk mengubah perilaku klien dengan gangguan jiwa dengan perilaku maladaptifnya menjadi perilaku yang adaptif. Terapi modalitas dilakukan karena psikofarmaka yang dinilai kurang efektif dalam proses penyembuhan pasien gangguan jiwa. Pada pasien gangguan jiwa, psikofarmaka hanya berfungsi dalam waktu 2 jam, oleh karena itu terapi modalitas ini sangat penting untuk menyembuhkan pasien dengan gangguan jiwa. Dalam terapi modalitas terdapat beberapa terapi yang bisa dilakukan meliputi terapi individual, terapi lingkungan, terapi biologi atau terapi somatik, terapi kognitif, terapi keluarga, terapi kelompok, terapi perilaku, dan terapi bermain. Jenis terapi yang diberikan harus disesuaikan dengan kondisi pasien dan lebih baik dikombinasikan agar hasilnya maksimal dan juga divariasikan agar pasien tidak mudah bosan. Sampai dengan saat ini tidak ada jenis terapi modalitas yang dapat mengatasi semua masalah gangguan jiwa klien. Kombinasi terapi modalitas merupakan keharusan. Untuk itu perawat mempunyai peranan yang sangat penting untuk mengkombinasikan berbagai terapi modalitas sehingga perubahan perilaku yang dicapai akan maksimal. "


33. Lely Suryawati

pada : 30 September 2017

"Terapi modalitas dalam Keperawatan Jiwa
Terapi modalitas merupakan berbagai macam terapi yang dapat diberikan pada pasien dengan gangguan jiwa. Terapi ini di berikan dalam upaya mengubah perilaku pasien dari perilaku maladaptif menjadi perilaku adaptif.
Ada berbagai macam jenis terapi modalitas yaitu, terapi aktivitas kelompok, terapi individual, terapi lingkungan, terapi biologis atau somatic, terapi kognitif, terapi keluarga, terapi perilaku, dan terapi bermain.
Untuk pemilihan jenis terapi kita sesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan pasien kita, dengan cara mengkaji dan menegakkan diagnosis yang sesuai."


34. Rizka Maudy Julianti

pada : 05 October 2017

"Terapi modalitas adalah terapi utama dalam keperawatan jiwa. Terapi ini di berikan dalam upaya mengubah perilaku pasien dari perilaku maladaptif menjadi perilaku adaptif. Terapi modalitas mendasarkan potensi yang dimiliki pasien (modal-modality) sebagai titik tolak terapi atau penyembuhannya. Tapi terapi ini bisa dipakai untuk terapi keperawatan keluarga.
Terapi modalitas Adalah berbagai pendekatan penanganan klien gangguan jiwa yang bervariasi, yang bertujuan untuk mengubah perilaku klien dengan gangguan jiwa dengan perilaku mal adaptifnya menjadi perilaku yang adaptif.
Prinsip pelaksanaan.
Perawat sebagai terapis mendasarkan potensi yang dimiliki pasien sebagai titik tolak terapi atau penyembuhan.
Jenis-jenis terapi modalitas
1.Terapi Individual
Terapi individual adalah penanganan klien gangguan jiwa dengan pendekatan hubungan individual antara seorang terapis dengan seorang klien. Suatu hubungan yang terstruktur yang terjalin antara perawat dan klien untuk mengubah perilaku klien.
2.Terapi Lingkungan
Terapi lingkungan adalah bentuk terapi yaitu menata lingkungan agar terjadi perubahan perilaku pada klien dari perilaku maladaptive menjadi perilaku adaptif. Perawat menggunakan semua lingkungan rumah sakit dalam arti terapeutik.
3.Terapi Biologis
Penerapan terapi biologis atau terapi somatic didasarkan pada model medical di mana gangguan jiwa dipandang sebagai penyakit. Ini berbeda dengan model konsep yang lain yang memandang bahwa gangguan jiwa murni adalah gangguan pada jiwa semata, tidak mempertimbangkan adanya kelaianan patofisiologis.
4.Terapi Kognitif
Terapi kognitif adalah strategi memodifikasi keyakinan dan sikap yang mempengaruhi perasaan dan perilaku klien.
5.Terapi Keluarga
Terapi keluarga adalah terapi yang diberikan kepada seluruh anggota keluarga sebagai unit penanganan (treatment unit).
6.Terapi Kelompok
Terapi kelompok adalah bentuk terapi kepada klien yang dibentuk dalam kelompok, suatu pendekatan perubahan perilaku melalui media kelompok. Dalam terapi kelompok perawat berinteraksi dengan sekelompok klien secara teratur.
7.Terapi Perilaku
Anggapan dasar dari terapi perilaku adalah kenyataan bahwa perilaku timbul akibat proses pembelajaran.
8.Terapi Bermain
Terapi bermain diterapkan karena ada anggapan dasar bahwa anak-anak akan dapat berkomunikasi dengan baik melalui permainan dari pada dengan ekspresi verbal. "


35. Ika Septiana Arum Permata Devy

pada : 05 October 2017

"Terapi modalitas adalah berbagai alternative terapi yang diberikan pada pasien dengan gangguan jiwa. Adanya terapi ini dikarenakan terapi psikofarmaka tidak selalu memberikan hasil yang efektif, melainkan hanya memberikan efek tenang pada pasien selama ± 2 jam. Sebelum memberikan terapi, pengkajian secara mendalam harus dilakukan terlebih dahulu, terkait kondisi pasien saat datang ke pelayanan kesehatan jiwa untuk mengetahui faktor pencetus dan pemicu terjadinya gangguan jiwa. Maramis mengidentifikasi penyebab gangguan jiwa dapat berasal dari masalah fisik, kondisi kejiwaan (psikologis), dan masalah sosial (lingkungan).
Jika gangguan jiwa disebabkan karena masalah fisik, yaitu terjadinya gangguan keseimbangan neurotransmiter di otak yang mengendalikan perilaku manusia, maka pilihan terapi yang tepat adalah farmakologi (somatoterapi). Apabila penyebab gangguan jiwa karena masalah psikologis, maka terapi yang diberikan secara psikologis. Gangguan jiwa akibat masalah lingkungan social dapat diberikan terapi yang difokuskan pada manipulasi lingkungan. Jadi, prinsip terapi modalitas dalam keperawatan kesehatan jiwa dapat berupa somatoterapi, psikoterapi, dan terapi lingkungan, sepertibagan dibawah ini.


Peran perawat saat pelaksanaan somatoterapi yaitu mengidentifikasi efek samping, dan kolaborasi penanganan efek samping obat. Ketika terapi kejang listrik (Electroconvulsive Therapy—ECT) perawat harus menyiapkan pasien dan mengevaluasi kondisi pasien setelah mendapatkan terapi tersebut. Pada pemberian psikoterapi, perawat dapat memberikan berbagai upaya pencegahan dan penanganan perilaku agresif, intervensi krisis, serta mengembangkan terapi kognitif, perilaku, dan berbagai terapi aktivitas kelompok. Terapi aktivitas kelompok mempunyai prinsip yaitu komunikasi terapeutik dan aktivitas yang diberikan harus menimbulkan semangat bagi pasien. Pada pasien dengan terapi lingkungan, perawat perlu mengidentifikasi perlunya pelaksanaan terapi keluarga, terapi lingkungan, terapi okupasi, dan rehabilitasi. Kombinasi dari berbagai terapi akan memberikan hasil yang lebih signifikan, dibandingkan dengan satu pilihan terapi (single therapy) saja. Pemberian terapi modalitas harus divariasikan setiap harinya.
Setting terapi atau pengobatan yang biasa digunakan dalam keperawatan jiwa terdiri dari pelayanan psikiatri berbasis rumah sakit, komunitas, dan pelayanan di rumah. Pelayanan psikiatri berbasis rumah sakit, meliputi program rawat inap dan rawat jalan, mengelola lingkungan yang terapeutik, memberikan perawatan kesehatan jiwa, mengintegrasikan pemberian perawatan, dan mengevaluasi outcome yang telah dicapai pasien. Sedangkan, pelayanan psikiatri berbasis komunitas, meliputi model kesehatan masyarakat, model biologis-medis, model sistem, model berpusat pada pasien, dan peran perawat dalam mewujudkan kesehatan jiwa di masyarakat."


Tinggalkan Komentar
Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Note

Blog ini digunakan sebagai media ekspresi dosen, informasi dan komunikasi, sarana pembelajaran untuk interaksi antara Dosen Pembimbing dan Mahasiswa. Blog ini juga dapat digunakan untuk khalayak umum pemerhati masalah kesehatan dan keperawatan, Terimakasih.

Greetings

Terimakasih, Selamat bergabung dengan Blog Kami, Yusuf, Departemen Keperawatan Jiwa & Komunitas, Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga Surabaya.

Pengunjung

561327