25 August 2017

RPS Jiwa 2 AJ (B-20)

Mata ajar ini membahas tentang konsep dasar dan asuhan keperawatan kesehatan jiwa anak, remaja, penyalah gunaan penggunaan NAPZA, Psychiatric Intensive Care Unit (PICU),  post partum blues, keperawatan kesehatan jiwa usia lanjut, kekerasan dalam keluarga dan komunitas  serta pelayanan keperawatan jiwa berbasis masyarakat (CMHN).

 

Apabila ada feedback tentang mata kuliah ini... silahkan tulis pada komentar dibawah

RPS secara lengkap.. silahkan download disini...


Komentar (13)

Abraham Steven Yotlely25 August 2017

Mau nanya pa, gimana ya caranya supaya kita bisa langsung upload resume ke blognya bpa?

JULINDA MALEHERE25 August 2017

Setelah sekian lama berkutat di layanan kesehatan yg menangani masalah fisik pasien terkadang sebagai perawat kita mengabaikan masalah psikis yg sebenarnya menjadi penyebab masalah fisik yg dialami pasien.
Melalui pembelajaran Keperawatan Kesehatan Jiwa II ini mengingatkan kembali bahwa sebagai perawat kita harus memandang pasien sebagai manusia yg utuh dgn memperhatikan aspek bio psiko sosial dan spiritual.

Lilik Manowati26 August 2017

Harapan saya setelah mendapatkan materi tentang kesehatan jiwa 2 saya dapat :
mengaplikasikan ilmu tersebut khususnya buat diri sendiri dan saya jadi lebih memahami tentang kondisi kejiwaan/perasaan px sehingga saya bisa memberikan asuhan keperawatan yang lebih baik daripada sebelumnya.

benywahyudi26 August 2017

Dari hasil pembelajaran dan diskusi kemarin saya dapat mengetahui beberapa konsep keperawatan jiwa pada seseorang yang mengalami perilaku penyimpangan yang dikarenakan banyaknya factor social dan factor lingkungan yang akan memicu munculnya stress pada seseorang, baik remaja, maupun anak dan semoga ilmu jiwa ini bisa saya aplikasikan di tempat saya bekerja

DWI FERAFURISCA DESI26 August 2017

saran untuk Rencana pembelajaran semester keperawatan kesehatan jiwa 2 semster 1 untuk alih jenis B20 sebaiknyauntuk daftar refrensi menggunakan refrensi yg kurang dari 10 tahun karena jika memakai refrensi yang terlalu lama bisa saja tidak sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan tentang keperawatan jiwa, di tambah dengan refrensi jurnal dari dalam dan luar negri akan memperbanyak wawasan dan ilmu tentang keperawatan jiwa yg lebih up to date. untuk metode perkuliahan alangkah lebih baiknya jika di tambahkan metode role play dan SDL agar mahasiswa dapat memahami dan menerapkan teori secara baik terutama pada asuhan keperawatan jiwa. trimakasih

MUHAMMAD FATHUR RIZAL27 August 2017

Mohon maaf pak, ada sedikit masukan.
1. Mohon untuk kriteria penilaian atau prosentase penilaian dijelaskan di RPS
2. Sebaiknya diberikan penjelasan secara singkat mengenai tugas yang akan diberikan.
Terimakasih

Yusuf28 August 2017

@ Abraham Steven yotleli
simpan fila Anda pada Google drive.. baru bikin komentar yang di link kan ke alamat google drive Anda (termasuk jika ingin menambahkan gambar atau grafik, buat model link dengan file yg sudah disimpan di google drive).

@ Muhammad Fathur Rizal
1. Terimakasih sarannya, dipertimbangkan
2. Siap, Insya Allah next RPS yaa...

Abraham Steven Yotlely28 August 2017

@Bpk. Ah. Yusuf
Terima kasih pa buat sarannya

Dismalyansa 28 August 2017

Jiwa adalah matkul yang paling menarik diantara yang lain dikarenakan mempelajari sesuatu non material tetapi dapat dilakukan penilaian. RPS yang bapak buat mampu melengkapi ilmu kep. Jiwa yang sudah saya pelajari saat D3 dulu, meskipun banyak hal yang terlupakan sehingga harus membaca ulang untuk lebih mengerti istilah-istilah yang digunakan. Saran dari saya mohon penjelasan lebih mengenai penugasan yang diberikan serta praktik lab mungkin memang sudah didapat saat D3 namun tidak ada salahnya untuk direview 1-2 kali pertemuan di lab, kemungkinan ada pembaharuan dari ilmu yang saya pelajari dulu. Terima kasih atas kesempatan yang bapak yusuf berikan bagi saya dapat mengemukakan pendapat.

yani arnoldus toulasik29 August 2017

Terima kasih atas penjelasan bapak tentang konsep dasar dan asuhan keperawatan kesehatan jiwa, dalam penjelasan bapak saya sudah lebih mengerti bahwa hal-hal yang psikis yang kurang saya perhatikan dalam perawatan pasien selama ini di tempat saya bekerja. Harapan saya agar bisa mengaplikasikan ilmu yang saya peroleh bukan untuk perawatan fisik pasien saja tetapi juga lebih memperhatikan perawatan psikis pasien/klien sehingga memperoleh hasil kesehatan yang lebih baik pada pasien. Terimakasih

Vania pangestika29 August 2017

Selamat malam Bapak, untuk RPS Kep Jiwa yang telah dishare alangkah lebih baik apabila didalamnya juga disertakan role play guna mengaplikasikan teori yang sudah diajarkan dan melakukan evaluasi serta inovasi atas asuhan keperawatan yang telah diberikan kepada klien, guna mengetahui keberhasilan yang menjadi tujuan / kriteria hasil asuhan

SOFIYANTI NORMALINDA BANOET30 August 2017

pertama kali mengikuti kuliah keperawatan jiwa 2 saya pikir saya akan merasa bosan namun setelah dipaparkan mengenai konsep dasar keperawatan kesehatan jiwa dengan gaya mengajar bapak yang menurut saya sangat bagus membuat saya semakin ingin mendengar fakta-fakta tentang masalah kesehatan jiwa ini. banyak dari kita yang masih memandang sebelah mata terhadap orang dengan gangguan jiwa tanpa kita sadari kita pun berpotensi untuk terkena gangguan jiwa. sebagai perawat wajib bagi kita untuk bisa lebih baik lagi dalam memberikan asuhan keperawatan bagi pasien dengan gangguan jiwa. semoga setelah mempelajari keperawatan jiwa ini kami menjadi perawat yang lebih care kepada setiap pasien jiwa yang kami rawat.

NAOMI TOULASIK05 September 2017

Psikologi merupakan Ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan manusia dan Profesi Keperawatan juga berhubungan erat dengan manusia yang kondisi fisiknya sakit dan otomatis secara psikis juga sakit. Meskipun Keperawatan dan Psikologi adalah dua bidang yang terpisah, tetapi mereka masih terkait. Dalam bidang Keperawatan, fokusnya adalah membantu individu yang kesehatanya terganggu untuk memberikan kesehatan dan pemulihan. Psikologi di sisi lain fokusnya adalah mental dan perilaku. Keperawatan dan Psikologi terkait karena untuk membantu orang cukup pulih dari masalah kesehatan, perawat harus memahami perilaku dan keadaan emosional pasien.


Kirim Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Ah. Yusuf S., S.Kp., M.Kes.