Mental Health, Begins with Me

Ah-Yusuf, Nursing, Universitas Airlangga

Resume Kuliah Jiwa 3 A3
diposting oleh ah-yusuf-fkp - 25 August 2017
kategori : Keperawatan Jiwa - 15 komentar

Setelah mengikuti perkuliahan, tuliskan resume atau umpan balik Anda disini...

terimakasih.



15 Komentar

1. Clauvega Myrtharanggun S

pada : 25 August 2017

"Terapi modalitas dalam keperawatan jiwa merupakan terapi modifikasi antarterapi psikofarmako dengan terapi behaviour,kognitif dan support keluarga, masyarakat dan lingkungan.Contohnya TAK dan terapi rekreasi (musik)"


2. Nurfa Dwiki Fitriana

pada : 27 August 2017

"Assalam'mualaikum.wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua.
Perkenalkan, saya Nurfa Dwiki 131511133079 A15/A3

Setelah mengikuti perkuliahan terapi modalitas. Saya memahami bahwa pasien jiwa tidak hanya mendapatkan intervensi farmakoterapi, tetapi memerlukan terapi pengendalian diri atau pemberdayaan diri. Terapi ini bisa dilatih dengan terapi aktivitas kelompok, terapi penyaluran aktivitas, terapi rekreasi, dan terapi musik. Inilah yang dimaksud denga terapi modalitas.

Dalam kesempatan ini, saya ingin bertanya mengenai terapi musik dan terapi psikoanalisis. Pasien jiwa ketika mendengarkan musik, apakah juga menghayati lirik dari sebuah lagu? Karena lagu dangdut koplo meskipun bisa membantu pasien depresi untuk menari/mengurangi rasa depresinya, kebanyakan mengandung lirik sedih.
Kemarin, saya membaca sebuah novel karya Mira W. disebutkan terapi psikoanalisis untuk pasien jiwa, yaitu terapi hipnotis. Dalam novelnya, dengan menghipnotis pasien depresi seorang psikiater dapat mengubah individu tersebut menjadi lebih baik (tidak depresi lagi) dan buruk (merubah sifat individu tersebut). Apakah itu benar ada dan bisa diterapkan?
Terimakasih. "


3. Alex Susanto

pada : 28 August 2017

"Terapi modalitas merupakan berbagai macam aktivitas terapi untuk pasien yang mengalami gangguan jiwa. Pasien gangguan jiwa perlu mendapatkan terapi yang komprehensif dan berkelanjutan, sekaligus menggarisbawahi bahwa terapi tidak hanya bisa ditunjang dengan psikofarmaka saja. Psikofarmaka yang diberikan pada pasien dengan gangguan jiwa hanya memiliki efek sesaat walaupun diberikan dalam dosis yang besar.
Terapi modalitas  penggunaan berbagai metode terapi sesuai indikasi kelompok. Seperti terapi aktivitas kelompok, terapi musik dengan bit tertentu sesuai kondisi pasien, terapi berbasis keluarga dan komunitas sebagai langkah edukasi, terapi kognitif dan sebagainya. Penerapan terapi modalitas harus melihat kebutuhan dari pasien serta keefektifannya dengan melihat aspek badan, jiwa dan lingkungan.
"


4. Gita Kurnia W

pada : 01 September 2017

"TERAPI MODALITAS
Pemateri : Pak Yusuf
Nama : Gita Kurnia Widiastutik
NIM : 131511133086

Terapi pada pasien gangguan jiwa tidak hanya psikofarmakal.
Psikofarmakal hanya untuk menenangkan. Efektifitas psikofarmakal:
>> Orang normal, bisa mencapai 24 jam.
>> Orang dengan gangguan jiwa, hanya mencapai 2 jam.
Oleh karena itu, psikofarmakal tidak efektif bagi orang dengan gangguan jiwa. Maka, perlu dilakukan terapi modalitas.
Terapi modalitas:
>> Terapi Aktivitas Kelompok (TAK). TAK harus membangkitkan semangat dan mengatasi masalah klien.
>> Terapi Penyaluran Energi. Dapat digunakan untuk klien dengan hiperaktifitas. Misal: Bapak-bapak diminta untuk bermain sepak bola dan Ibu-ibu diminta menjemur kasur.
>> Terapi Musik. Nada tinggi untuk mereka yang merasakan depresi. Misal: musik dangdut. Nada rendah untuk mereka yang emosional. Misal: musik keroncong, mozart, dan lain sebagainya.
>> Terapi Berbasis Keluarga (CMHN).
>> Terapi Okupasi.
>> Terapi Kognitif, dan lain sebaginya.
"


5. Ayu Okta

pada : 01 September 2017

"Terapi modalitas merupakan berbagai alternative terapi yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa. Terapi modalitas dapat berupa terapi aktivitas kelompok ataupun pelayanan rehabilitasi. Dalam melakukan terapi modalitas ini, peran keluarga serta masyarakat sangatlah membantu. Terapi modalitas disesuaikan dengan kasus dari klien itu sendiri."


6. Rinda

pada : 02 September 2017

"Terapi modalitas, berbagai alternative diberikan pada pasien gangguan jiwa diantaranya terapi aktivitas kelompok jadi satu perawat dengan beberapa pasien gagguan jiwa lalu ada terapi tempeleng, tapi terapi tempeleng ini tidak dianjurkan. Berikut pengatran dalam perawatan :
1.mengelola lingkungan terapeutik
2.menerapkan aktiftas care-giving
3.mengintegrasikan care deliveru
4.evaluasi
"


7. Dilruba Umi Shalihah

pada : 02 September 2017

"Terapi pada pasien gangguan jiwa tidak hanya mengandalkan psikofarmaka, tetapi juga dilakukan dengan terapi modalitas dan support dari keluarga.
Terapi modalitas merupakan kumpulan dari berbagai terapi yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa, contohnya seperti terapi aktivitas kelompok (TAK), pelayanan rehabilitasi, community based approach/ terapi berbasis keluarga, terapi community behaviour support group, dan sebagainya.
Penanganan pada pasien gangguan jiwa tidak sama. Setiap kasus punya penanganan yang berbeda.
Indikasi terapi untuk orang-orang yang mengalami halusinasi yaitu terapi orientasi dan sosialisasi realitas. Sedangkan untuk orang-orang gangguan sensori yaitu dengan terapi stimulasi sensori (bermain catur, karambol, dll).
Terapi dengan pelayanan rehabilitasi seperti membuat keterampilan rajutan, keterampilan dari bunga, terapi musik melalui berbagai jenis lagu sebagai stimulasi sensori. Musik diberikan dalam bentuk backsound. Musik yang bernada rendah untuk ketenangan, sedangkan musik bernada tinggi untuk memberi semangat. Terapi dengan musik ini tidak diberikan setiap hari."


8. Mitha Wulan Nur Aini

pada : 02 September 2017

"Assalamualaikumm Wr. Wb..
Perkenalkan saya Mitha Wulan Nur' Aini (131511133103)..

Pada kolomm kommentar ini saya ingin menambahkan resume perkuliahan terapi modalitas yang saya pahami.

Obat psikotropika pada orang gangguan jiwa itu tidak selalu efektif, oleh karena itu pasien gangguan jiwa juga membutuhkan terapi modalitas. Terapi modalitas sangat membantu pasien gangguan jiwa karena gangguan jiwa bukan hanya masalah psikotropika atau neurotransmitter saja tetapi termasuk juga kognitif dan behaviournya.

Terapi modalitas mmemilliki berbagai metode yang diterapkan tergantung kondisi pasien. Misalnya Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) yang menggunakan teknik kebersamaan untuk membangkitkan semangat pasien dengan indikasi seperti orang gangguan halusinasi, sedangkan pasien yang agresif mmerupakan kontraindikasinya. Contoh lain yakni Terapi Rehabillitasi yang menyibukkan pasien dengan mengajarkan pasien memmbuat kerajinan souvenir bahkan terapi musik.

Terapi musik bertujuan untuk rellaksasi dan stimulasi sensori sesuai keadaan pasien. Untuk menengangkan biasanya menggunakan musik bernada rendah, sedangkan untuk menyemangati biasanya bernada tinggi. Terapi mmusik yang digunakan berupa background.

Catatan penting : Sebelum memberi terapi kepada pasien, kita harus melihat kasus dan keadaan pasiennya.




"


9. Aisyah Niswatus Sakdiyah

pada : 06 September 2017

"Terapi modalitas dalam keperawatan jiwa merupakan berbagai pendekatan penanganan yang diberikan pada pasien gangguan jiwa. Contohnya yaitu TAK yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran diri dan meningkatkan hubungan intrapersonal yang diindikasikan untuk pasien halusinasi. Selain itu terdapat community based approach yang merupakan penanganan pada anggota keluarga yang memiliki konflik. Terapi rehabilitasi seperti membuat kerajinan dan bermain alat musik bertujuan mengisi waktu senggang dan diindikasikan untuk pasien gangguan sensori. Terapi musik tidak diberikan setiap hari, terdapat jadwal kegiatan untuk terapi pasien. Backsound musik yang diberikan ada yang bernada rendah untuk ketenangan dan bernada tinggi untuk membangkitkan semangat. Pasien depresi tidak diberikan musik yang bernada rendah. Setiap penanganan memiliki indikasi yang berbeda, oleh karena itu intervensi keperawatan disesuaikan dengan penyebab utama masalah keperawatan."


10. Ainil Fikroh Rahma Dheaning

pada : 06 September 2017

"Assalamualaykum
Perkenalkan saya Aini Fikroh Rahma akan mereview sedikit tentang perkuliahan minggu lalu terkait terapi modalitas pada gangguan jiwa.

Terapi psikofarmaka tidak selalu efektif digunakan untuk pasien dengan gangguan jiwa. Terapi ini cenderung memberikan efek sesaat dan klien bisa kambuh lagi. Tidak hanya itu, terkadang terapi ini juga dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, perlu adanya terapi tambahan atau kombinasi untuk memaksimalkan perawatan pada klien dengan gangguan jiwa. Terapi ini adalah terapi modalitas, yaitu berbagai alternatif terapi yang digunakan untuk membantu merawat klien dengan gangguan jiwa. Terapi ini gunanya untuk mengontrol diri klien, jadi klien diajarkan untuk mengontrol dirinya. Terapi ini misalnya Terapi Aktivitas Kelompok (TAK), terapi musik, pelayanan rehabilitasi, dan lain lain. Dalam pelaksanaannya, terapi modalitas harus memoerhatikan 3 aspek penting dalam individu, yaitu badan, jiwa, dan lingkungan.

Terima kasih. Wasaalamualaykum"


11. Kusnul Chotimah

pada : 07 September 2017

"Terapi modalitas merupakan pilihan terapi yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa selain terapi obat. Terdapat banyak contoh dari terapi modalitas ini. Terapi ini dapat digunakan sendiri maupun dikombinasikan dengan terapi lain tergantung pada kondisi dan kebutuhan pasien."


12. LAILATUR ROKHMAH

pada : 07 September 2017

"Terapi modalitas merupakan terapi berbagai alternative terapi yang dapat diberikan pada pasien gangguan jiwa ex: Musik, karya seni . Terapi dapat dilakukan denan aktifitas melibatkan dari pasien.
Penggunaan terai psiofarmaka harus selektif dan tidak baik jika dikonsumsi terus menerus, sehingga dapat melakukan terapi modalitas.
Terapi Manusia terdiri dari 3 unsur yaitu
1. Badan : farmakologi terapi, ECT, Pembedahan
2. Jiwa : psikoterapi; supportif, generic dynamic
3. Lingkungan : manipulasi lingkungan dan rasio
Treatment settings :
Keperawatan dasar psikiatrik rumah sakit
Transisi psikiatrik RS
 inpatient programs
 partial hospital programs
meaksanakan lingkungan teraupetik
mengimplementasika pemberian aktivitas caring
integrating care delivery
evaluating out-come
"


13. Maria Nerissa Arviana

pada : 14 September 2017

"Terapi modalitas yaitu berbagai terapi yang diberikan pada pasien dengan gangguan jiwa di rumah sakit. Terapi modalitas dapat dilakukan di mana saja tidak hanya dilakukan di satu tempat saja. Terapi modalitas untuk pasien macamnya yaitu :
a. Terapi farmakologi ( psikofarma sedativ, ECT, dll )
b. terapi aktivitas ( terapi kelompok, senam bersama, terapi musik, dll )
Selain terapi tersebut masih ada terapi yang bisa dilakukan yaitu terapi kognitif, terapi lingkungan, dan terapi berbasis keluarga CMHN "


14. Fara Anggita Rosa

pada : 17 September 2017

"Terapi modalitas adalah terapi yang diberikan untuk mengubah perilaku pasien menjadi perilaku yang adaptif. Farmakoterapi saja belum efektif untuk pasien gangguan jiwa maka dari itu bisa dikombinasikan dengan terapi modalitas. Salah satu contoh dari terapi modalitas yaitu terapi musik"


15. Farhan Ardiansyah

pada : 17 September 2017

"Terapi modalitas yaitu teknik terapi menggunakan pendekatan yang spesifik pada klien gangguan jiwa yang bertujuan untuk mengubah perilakunya dari maladaptif menjadi adaptif.
Terapi modalitas meliputi:
A.Terapi badan/Somatik Terapi: Farmakoterapi, ECT, Pembedahan
B.Terapi Jiwa/Psikoterapi: Suportif, Dinamika genetik meliputi terapi perilaku dan terapi aktivitas kelompok.
C.Terapi Lingkungan: Manipulasi lingkungan dan sosioterapi. "


Tinggalkan Komentar
Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Note

Blog ini digunakan sebagai media ekspresi dosen, informasi dan komunikasi, sarana pembelajaran untuk interaksi antara Dosen Pembimbing dan Mahasiswa. Blog ini juga dapat digunakan untuk khalayak umum pemerhati masalah kesehatan dan keperawatan, Terimakasih.

Greetings

Terimakasih, Selamat bergabung dengan Blog Kami, Yusuf, Departemen Keperawatan Jiwa & Komunitas, Fakultas Keperawatan, Universitas Airlangga Surabaya.

Pengunjung

437542